Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown

loading..

Teknozone.ID – Sudah coba tekan tombol shutdown di Start Menu tapi komputer tidak bisa di shutdown? coba beberapa cara alternatif untuk mematikan komputer ini.

Pernah terjebak di situasi dimana ketika kamu menekan tombol Shutdown di Windows 10, tapi yang muncul hanya loading Shutting Down? seperti ini? tenang saja kamu tidak sendirian, masalah ini umum terjadi.

windows 10 tidak mau shutdown

Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer tidak bisa mati / shutdown, di artikel ini team akan membagikan pengalaman apa saja kira kira penyebab komputer tidak bisa di shutdown dan bagaimana cara mengatasi-nya.

Penyebab Komputer Tidak Bisa di Shutdown

Beberapa bidang yang mungkin menjadi penyebab proses shutdown terhalang:

  1. Masalah software. Ada program tertentu yang masih berjalan dan butuh beberapa waktu untuk ditutup.
  2. Masalah process. Windows mendeteksi banyaknya proses berantai (process tree di Task Manager) sehingga butuh waktu yang mungkin lebih lama dibanding masalah software.
  3. Masalah driver / OS. Pastikan driver dan OS kamu masih selalu update.
  4. Masalah services. kamu bisa lihat dengan cara mengetik services.msc di Run untuk melihat berapa banyak service yang berjalan.

Biasanya, masalah ini umum terjadi pada komputer Windows yang menggunakan fitur Hybrid Shutdown atau yang dikenal Fast Startup. Fitur ini dirilis di Windows 8 silam yang dan secara default sudah aktif di beberapa komputer dan komputer desktop.

Hybrid Shutdown digunakan karena kemampuannya yang bisa mengurangi waktu untuk “Start” dan “Shutdown” komputer dengan cara membuat beberapa sesi kernel masuk ke mode hibernate, meskipun artinya komputer kamu tidak sepenuhnya “dimatikan”

Tapi, meskipun tujuannya untuk mempercepat booting komputer, fitur ini juga dapat menyebabkan masalah dan mencegah komputer untuk dimatikan.


Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Mau Mati

Berdasarkan beberapa masalah yang pernah terjadi, ada beberapa metode untuk mengatasi Windows 10 mu yang tidak bisa di shutdown, ini selengkapnya

Mematikan Komputer Secara Paksa

shutdown komputer dengan paksa

Pada kebanyakan komputer, hal yang perlu kamu lakukan untuk mematikan komputer secara paksa adalah menekan tombol Power (untuk menyalakan) selama beberapa detik. Tekan terus hingga mesin mati, setelah tidak ada tanda-tanda “aktif” lepas tombol, kamu bisa menjalankannya lagi dengan menekan tombol yang sama.

Tentunya, cara ini sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan masalah serius di kemudian hari, salah satunya kerusakan pada hardware seperti hard disk yang corrupt atau bahkan file system yang dibutuhkan sistem operasi bermasalah.

Menggunakan CMD untuk Mematikan Komputer

shutdown paksa windows 10 dengan cmd

Kamu juga bisa menggunakan perintah untuk shutdown lewat command prompt. Caranya, buka command prompt ➡ ketik shutdown /s /t /f 00 ➡ tekan enter. Ini adalah perintah untuk mematikan secara paksa dengan keterangan sebagai berikut

  • /f berisi argumen keterangan untuk force close aplikasi yang berjalan tanpa ada warning.
  • /t berisi argumen keterangan waktu dalam detik, contoh /t 60 artinya dalam waktu 60 detik
  • /s berisi argumen keterangan untuk mematikan komputer

Untuk informasi lebih jelas tentang parameter shutdown, ketik shutdown /?.

Membuat Script Batch untuk Shutdown Komputer

Metode ini mirip dengan cara di atas, bedanya kamu tidak perlu lagi mengetik setiap kali ingin mematikan komputer yang sedang stuck.

script mematikan komputer dengan paksa

Caranya: buka notepad di komputer kamu ➡ ketik shutdown /s /f /t 00 ➡ klik menu FileSave As, terakhir, simpan file dengan format .bat, contoh: forceshutdown.bat.

Advertisement

Buka script yang sudah kalian ketik tadi, lalu tunggu komputer dimatikan secara paksa. Saat membuka file, tampilan command prompt akan muncul beberapa saat, itu memang normal.

Matikan Fitur Fast Startup di Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab komputer yang tidak mau di shutdown adalah fitur startup. Kamu bisa mematikan fitur ini lewat menu Power Options.

mematikan fast startup

Lokasinya ada di: Control PanelAll Control Panel ItemsPower Options. tekan tombol Choose what the power buttons do di panel sebelah kiri.

Lanjut, klik Change settings that are currently unavailable jika tombol fast startup tidak bisa dimatikan, setelah mematikan Fast Startup, tekan tombol OK dan coba restart komputer untuk melihat perbedaannya.

Advertisement

Mengetik Perintah Shutdown di Run / Start Menu

cara shutdown paksa dengan run

Kamu bisa mengetik perintah shutdown di Run (Windows + R) dan Start Menu dengan format yang sama saat mengetik perintah di command line / cmd.

  • Untuk Start Menu: Tekan tombol Windows di Keyboard ➡ lalu ketik shutdown /s /f /t 00.
  • Untuk Run: Tekan tombol Windows + R di keyboard ➡ lalu ketik shutdown /s /f /t 00.

Selain tanda garis miring, kamu juga bisa menggunakan tanda strip sebagai alternatif yang lebih cepat. Selain masalah komputer yang tidak bisa di shutdown, kita juga ada beberapa solusi untuk masalah Windows 10 lainnya, ini daftarnya:

Gunakan Troubleshooter untuk Mencari Masalah

Windows 10 sendiri sudah memiliki fitur troubleshooter untuk tiap-tiap masalah yang dihadapi. Kamu bisa melihat fitur-fitur ini di Start MenuSettings Update & Security.

Untuk kasus ini, buka halaman Troubleshooter ➡ lalu klik Additional Troubleshooter untuk Windows 10 Update 2004, ➡ klik Power Run the Troubleshooter.

Leave a Comment