Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci

Teknozone.ID – Terlepas dari brand laptop yang kamu gunakan entah itu ASUS, HP, Toshiba, Acer, .dll, ada banyak cara untuk membuka keyboard laptop yang terkunci.

Kadang, kombinasi tombol keyboard yang kita tekan juga bisa membuat keyboard dikunci / lock. Misalnya, tombol Windows + L untuk mengunci user, atua Windows + I untuk membuka setting dan tombol FN+W untuk mengubah WASD menjadi arah.

Tapi bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang terkunci dan tidak bisa mengetik apapun? ikuti instruksi di bawah ini untuk mengaktifkan keyboard.

 

Cara Membuka Kunci Pada Laptop

Kemungkinan penyebab dari keyboard laptop yang terkunci hanya ada dua, yaitu masalah terkait hardware dan masalah terkait software driver atau aplikasi pihak ke-3.

Untuk itu, lakukan hal ini ketika keyboard laptop terkunci:

1. Matikan fungsi Filter Keys

Jika kamu sering menggunakan tombol Shift saat menggunakan komputer, ada kemungkinan fungsi Filter keys aktif secara tidak sengaja dan menyebabkan tombol keyboard tidak dapat berfungsi.

Ketika kamu menekan tombol Shift selama 8 kali, kamu akan mendengar suara “pip” dan melihat icon Filter Keys muncul di system tray (notification area, sebelah kanan taskbar).

Untuk membuka kunci pada keyboard, tahan dan tekan tombol Shift (sebelah kanan) selama 8 – 10 detik, atau disable Filter keys dari Control Panel agar tidak mengganggu.

2. Matikan NumLock

Pernah lihat tombol NumLock dan penasaran fungsinya apa? dan apakah keyboard tidak mengeluarkan huruf yang benar saat ditekan? bisa jadi fungsi NumLock sedang kamu gunakan.

Di keyboard yang tidak memiliki NumLock sendiri, tombol untuk mengaktifkan NumLock terkadang mengganggu. Matikan dengan cara menekan tombol NumLock lagi hingga lampu LED mati, biasanya tombol ini terletak di dekat tombol Home, Pause, dan PrtScr.

3. Update atau install ulang driver keyboard

Driver bermasalah juga bisa menjadi penyebab yang umum ketika keyboard terkunci. Untuk mengembalikan keyboard ke posisi semula kamu harus mengupdate atau install ulang driver keyboard yang bermasalah.

Untuk mengupdate driver keyboard yang terkunci:

  1. Buka Start Menu ➡ cari dan buka Device Manager
  2. Di bagian Keyboards ➡ klik kanan driver keyboard.
  3. Klik Update untuk mengupdate driver keyboard.
  4. Klik Automatically Update dan ikuti instruksinya.
  5. Klik Uninstall untuk install ulang keyboard.
  6. Restart komputer untuk melihat perubahan.

Atau coba restart komputer terlebih dahulu jika permasalahan ini baru pertama kali terjadi pada komputer kamu. Cabut keyboard ➡ matikan komputer ➡ pasang keyboard ➡ nyalakan komputer.

4. Gunakan kombinasi Fn

Sebagian laptop modern menggunakan kombinasi Fn (Function) untuk menjalankan fungsi, seperti mengaktifkan WiFi, Sleep, volume dan lainnya termasuk untuk mengaktifkan NumLock. Seperti yang dijelaskan di atas, NumLock yang aktif bisa membuat keyboard seakan “terkunci”

Gunakan kombinasi Fn di bawah ini untuk mengatasi keyboard laptop yang terkunci:

  • Fn + F11 (Acer, Toshiba, Samsung)
  • Shift + Num Lock
  • Fn + Num Lock (Sony, Gateway)
  • Fn + F11 + Scroll lock
  • Fn + F8 (HP)
  • Ctrl + F11
  • Fn + Shift + Num Lock
  • Fn + F4 (Dell)
  • Fn + Nmlk (Lenovo, ASUS)
  • Ctrl + PrntScr (HP Pavilion)

Pastikan lampu LED pada tulisan NumLock di keyboard sudah mati. Jika masalahnya belum teratasi berarti masalahnya bukan berasal dari NumLock.

Cek juga apakah bagian keyboard laptop yang terkunci ini keseluruhan atau hanya bagian tertentu?. Cek apakah ada aplikasi yang memiliki hak akses untuk mematikan keyboard, atau cek apakah kamu menggunakan macro, script dan lainnya.

 

Dengan beberapa pemecahan masalah / troubleshooting di atas, harusnya keyboard laptop sudah tidak terkunci. Jika masalah masih berlanjut coba hubungi pihak manufaktur terkait untuk memeriksa fisik laptop, siapa tau ada kabel yang bermasalah atau kerusakan fisik lainnya.

Untuk informasi seputar hardware, laptop dan troubleshooting lainnya cek:

Leave a Comment