Cara Mengatasi Error HRESULT 0xc8000222

Teknozone.ID – Jika kamu sedang menginstall .NET Framework dan mendapati tulisan error hresult 0xc8000222, coba beberapa cara mengatasi di bawah ini sebagai solusinya.

Saat kamu mencoba untuk menginstall NET Framework versi tertentu, kamu mungkin akan menghadapi satu atau beberapa masalah yang mencegah .NETFx terinstall dengan baik.

Di sini, kita akan membagi solusinya sesuai urutan. Coba satu per satu dan jika sudah teratasi tak perlu lakukan langkah selanjutnya.

 

Hilangkan Error HRESULT 0xc8000222 dengan CMD

Pastikan kamu sudah menutup program penting yang sedang kamu kerjakan. Ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka command prompt (as administrator).
  2. Ketik perintah net stop WuAuServ ➡ tekan enter.
    matikan service wuauserv hresult 0xc8000222
  3. Buka Run ➡ lalu ketik %windir%.
  4. Cari folder SoftwareDistribution ➡ ubah nama menjadi SD_Old.
    ganti nama folder softwaredistribution
  5. Buka command prompt lagi.
  6. Ketik net start WuAuServ ➡ tekan enter.
    nyalakan service wuauserv hresult 0xc8000222
  7. Install ulang .NET Framework.

Hal yang kamu lakukan di atas adalah mematikan WuAuServ atau Windows Update Service, lalu menyimpan backup dari folder SoftwareDistribution, dan install ulang .NET Framework yang bermasalah.

Note: Jika kamu mendapati tulisan The Windows Update service is not started, maka lanjutkan langsung ke langkah nomor 2 tak perlu mematikan WuAuServ.

 

Lakukan Update Windows 7 ke Service Pack SP1

Jika metode menggunakan command prompt di atas tidak berhasil, kamu bisa menambahkan update SP1 untuk mengatasi error hresult di Windows 7 kamu. Begini cara menambahkan update SP1

Sayangnya, saat ini Windows 7 sudah discontinued dan kamu harus mencari manual update SP1 ini di internet. Setelah install update SP1, reinstall NET Framework yang bermasalah.

Update: untuk melihat halaman update Service Pack 1 untuk Windows 7, bisa cek halaman Microsoft ini. Jangan lupa untuk memeriksa sistem operasi kalian menggunakan 64-bit atau 32-bit

 

Tambahan

Installer dari .NET Framework 4.5 tidak dapat berjalan dalam Program Compatibility. Jadi, untuk menyelesaikan kebanyakan masalah yang berhubungan dengan .NETFx, user akan lebih sering berinteraksi dengan Registry Editor.

Kesimpulannya, untuk kasus error hresult 0xc8000222 ini disebabkan oleh file yang korup / rusak di dalam folder SoftwareDistribution yang berlokasi di %windir% atau Windows Directory (X:\Windows).

Melakukan re-install adalah jalan terbaik yang paling ampuh untuk menyelesaikan masalah ini. Jika kamu tertarik tentang troubleshooting di OS Windows lainnya, cek juga artikel ini:

Leave a Comment