Cara Mengatasi Error Code 43

loading..

Saat membuka Device Manager, kamu akan melihat error bertuliskan: windows has stopped this device because it has reported problems. (code 43). Bisa pada device, maupun VGA seperti Nvidia dan AMD.

Lalu, apa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini? di sini team mencoba mencari cara valid yang masih work untuk menghilangkan error code 43 tersebut.

Error Code 43 di Device Manager dan Artinya

arti error code 43 lewat device manager

Pesan error Windows has stopped this device because it has reported problems. (code 43) adalah satu dari sekian error code yang bisa ditemukan pada Device Manager. Error ini muncul setelah Device Manager memberhentikan penggunaan hardware tersebut karena adanya masalah yang tidak spesifik.

Error Windows has stopped device (code 43) ini juga memang menandakan bahwa ada error tetapi Windows tidak bisa mengidentifikasi secara detail, meskipun ia (sistem operasi) tahu bahwa hardware tersebut terkena efeknya.

Error code 43 disertai pesan Windows has stopped device pada Device Manager tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Jika kamu menemukan error 43 tetapi bukan di Device Manager, artinya bukan system error jadi jangan gunakan metode ini sebagai solusinya.

Cara Mengatasi Error Stopped Device (Code 43)

Untuk mengatasi masalah windows has stopped this device because it has reported problems. (code 43) pada driver di device manager, coba beberapa cara di bawah ini.

Hubungkan komputer / laptop kamu dengan jaringan terlebih dulu karena beberapa metode membutuhkan koneksi internet.

1. Restart komputer

Merestart komputer dapat menyelesaikan hampir setiap masalah yang terjadi pada komputer, mulai dari komputer yang freeze, lagging dan lainnya hingga masalah teknis seperti error kode. Lakukan restart dengan prosedur yang sesuai, tekan Start Menu, lalu klik Power, klik tombol Restart.

2. Colokkan device ke komputer lain

Karena masalah ini berhubungan dengan hardware di device manager, coba gunakan perangkat di komputer / laptop lain. Selain untuk mencari solusinya, jika perangkat tersebut bisa digunakan di tempat lain secara normal, artinya ada masalah dengan komputer / laptop yang kita gunakan, bisa jadi sistem operasi Windows atau faktor lain.

3. Matikan dan nyalakan device

Note: tidak untuk digunakan jika masalah terdapat pada monitor, baterai, dan komponen penting pendukung komputer lainnya.

Lakukan disable untuk perangkat yang bermasalah melalui device manager, lalu aktifkan (enable) kembali setelah beberapa saat.

cara fix error 43 lewat device manager

Buka Device Manager, lalu klik kanan pada device yang bermasalah, pilih Disable device. Tunggu waktu sebelum mengaktifkannya lagi. Untuk mengaktifkannya, cukup klik kanan pada driver sebelumnya, lalu klik Enable device.

4. Install ulang driver

Sama seperti cara di atas, kamu cukup membuka Device Manager, lalu klik kanan perangkat yang bermasalah, tapi kali ini tekan tombol Uninstall. Cara ke-2, kamu bisa buka Control Panel ➡ pilih Programs and Features ➡ lalu Uninstall program yang memasang driver ke komputer kamu.

Setelah itu, restart komputer dan install lagi driver ke versi yang terbaru. Jangan lupa juga untuk membuat backup atau restore point Windows 7, 8, 8.1 atau 10 kamu untuk berjaga-jaga.

5. Update driver bermasalah

Untuk mengupdate device driver, kamu bisa menggunakan 3 metode:

  • Update via Device Manager: buka Device Managerklik kanan driver perangkat yang bermasalah ➡ klik Update driver ➡ pilih Search automatically for drivers.
  • Update via Windows Update: buka Start Menu ➡ klik Settings ➡ pilih Update & security ➡ klik Get Updates.
  • Update via website driver: jika masalah terjadi pada driver VGA seperti NVIDIA & AMD, kamu bisa mendapatkan driver terbaru dari situs official nya.

Ingat, terkadang tidak semua aplikasi mensupport driver grafis dengan versi terbaru. Beberapa aplikasi seperti game juga mungkin tidak kompatibel dengan versi driver tertentu.

6. Update sistem operasi Windows 10

Di Windows 10, kamu bisa menentukan waktu kapan untuk mengupdate sistem operasi. Selain untuk mendapatkan update terbaru OS, kamu juga akan mendapatkan file dan program penting agar aplikasi dapat berjalan secara maksimal di komputer kamu.

Jika tombol di atas tidak bisa, buka Start Menu ➡ klik Settings ➡ pilih Update & security ➡ klik Get Updates. Setelah update selesai, lakukan restart dan lihat apakah error masih ada atau tidak.

fix error 43 dengan update

Jika sebelumnya kamu re-install driver sebelum update OS, coba install ulang lagi setelah OS di-update. Jika update bertuliskan hanya untuk antivirus database, artinya tak ada pembaruan untuk OS kamu.

Durasi yang dibutuhkan untuk update Windows 10 bervariasi tergantung dari banyaknya update dan kecepatan internet kamu. Belum lagi proses install yang lebih lama jika kamu tidak menggunakan SSD.

7. Periksa history install program

Bisa dibilang ini juga langkah preventif, mungkin kamu bisa lewati tahapan ini jika masalah sudah terjadi dan keenam solusi diatas belum menyelesaikan masalahmu. Bagi pengguna CCleaner, kamu bisa mengeceknya di Recovery.

Advertisement

fix error device code 43 dengan recovery

Untuk membuka Recovery Windows, buka Start Menu ➡ cari Recovery ➡ klik Open System Restore ➡ klik Next ➡ pilih Restore point. Di tahapan ini, kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang akan hilang jika kita melakukan recovery. Jika tak ada masalah lanjutkan ke tahapan selanjutnya sampai selesai.

8. Ganti kabel dengan yang baru

Selain mencari solusi dari segi sistem operasi dan driver yang terpasang di komputer, jangan lupa bahwa beberapa hardware yang kita gunakan dapat terhubung dengan bantuan kabel.

Coba gunakan kabel lain yang ada pada komputer dan lihat apakah masalah terselesaikan?. Jika tidak ada kabel yang baru, coba cabut pasang atau atur kabel sedemikian rupa saat terpasang.

9. Ganti hardware dengan yang baru

Jika memang masalah tak teratasi, besar kemungkinan jika memang perangkatnya yang bermasalah. Solusi ini mungkin terdengar aneh tapi bisa jadi grafis yang kalian gunakan memiliki masalah (atau cacat produksi)

Coba pinjam punya teman atau ganti dengan yang baru untuk memeriksa apakah masalah ada pada komputer yang kita gunakan atau berasal dari device yang kita gunakan?.

10. Update BIOS di komputer

Tentunya mengupdate BIOS akan memberikan keuntungan dan kerugian yang bersamaan. Perlu di catat, melakukan update pada BIOS bisa berefek bagus atau bisa merusak, jadi minta bantuan yang ahli saat melakukan ini.

Advertisement

Dari sisi kerugiannya, terkadang ada beberapa driver yang tidak support BIOS versi terbaru dan ini bisa berimbas pada game, terutama game yang tergolong next-gen. Keuntungannya, BIOS yang diupdate biasanya berisi bug fix dan peningkatan kualitas lainnya.

Error windows has stopped this device because it has reported problems. (code 43) bisa terjadi baik pada grafis nvidia, amd, baik di windows 7, ataupun 10. Karena masalah ini terjadi pada display adapter.

Secara singkat, kesalahan / error ini terjadi ketika driver grafis (dikenal juga driver vga) tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Error ini menginformasikan kepada user bahwa perangkatnya (bisa hardware ataupun driver) memiliki masalah.

Karena masalah ini berkaitan langsung dengan driver, harusnya masalah ini bisa diselesaikan dengan cara baik mengupdate driver, melakukan rollback atau re-install driver grafis-nya.

Untuk artikel seputar Windows 10 & troubleshooting lainnya, cek juga:

Leave a Comment