Cara Mengatasi Unable to Start Correctly 0xc00007b

Teknozone.ID – Error The application was unable to start correctly (0xc00007b) adalah pesan error yang muncul ketika kita membuka aplikasi di komputer berbasis Windows terutama Windows 10 (terlepas dari itu 64 bit ataupun 32 bit).

Sebagian besar kasus mengalami pesan error ini ketika setelah melakukan upgrade pada sistem operasi mereka. Memang, ada kemungkinan beberapa file & program belum tentu compatible dengan versi Windows 10 yang kamu upgarde.

Beberapa cara untuk mengatasi the application was unable to start correctly 0xc00007b di Windows 10 64 bit / 32 bit ini bisa kamu coba terapkan, tetapi siapkan koneksi internet sebelumnya.

 

Apa itu 0xc00007b dan penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa menjadi pelaku munculnya error 0xc00007b, pertama dan kasus paling dominan adalah hal ini terjadi ketika user mencoba untuk menjalankan aplikasi untuk sistem operasi 64-bit tetapi mereka memiliki komputer berbasis Windows 32-bit.

Sayangnya, aplikasi 32-bit ini tidak bisa memuat (load) dll 64-bit, mereka bercampur hingga menyebabkan munculnya error the application was unable to start correctly

Kedua, penyebab dari error ini adalah masalah pada program penting seperti .NET Framework, Direct X dan Microsoft Visual C++, terutama saat bermain game.

Ketiga, error ini juga bisa disebabkan oleh file yang corrupt, registry yang error, infeksi virus atau kesalahan deteksi antivirus.

 

Cara mengatasi error application unable to start (0xc00007b)

Ingat, siapkan koneksi internet karena nanti kamu akan mengupdate sistem operasi dan atau mendownload beberapa file dari internet (tenang, situsnya Official Microsoft).

Coba beberapa metode di bawah ini untuk memperbaiki errornya

1. Restart komputer kamu

Restart adalah cara paling ampuh dan cepat untuk memperbaiki kebanyakan error di Windows, termasuk masalah error “The application was unable to start correctly“. Klik Start Menu ➡ klik Power ➡ klik Restart. Jika masalah tak selesai, lanjut dengan solusi yang lain.

2. Buka aplikasi dalam mode Administrator

Error ini hanya muncul ketika user membuka program, coba gunakan tombol Run as administrator untuk mengatasi hal ini. Tes buka aplikasinya dengan cara klik kanan aplikasi yang bermasalah ➡ Run as administrator.

buka program administrator 0xc00007b

Jika masalahnya teratasi, gunakan fitur otomatisnya dengan cara klik kanan program bermasalah ➡ klik Properties ➡ klik tab Compatibility ➡ centang Run this program as an administrator.

3. Install ulang aplikasi yang bermasalah

Well, karena yang error ini bisa game atau aplikasi kamu tentunya kamu harus tau bagaimana cara reinstall. Pertama, clean install dulu aplikasi/game yang bermasalah lewat Control PanelProgram and Features ➡ klik program / game yang bermasalah ➡ Uninstall. Setelah itu, restart komputer dan install lagi aplikasi / gamenya dari awal.

4. Instal ulang .NET Framework

Untuk mengatasi error application unable to start di Windows 7, coba lakukan re-install pada .NET Framework yang kamu gunakan. Pengguna Windows 10 juga tak masalah untuk melakukan hal ini, tapi OS tersebut sudah dilengkapi dengan NetFx yang dibutuhkan.

reinstall netfx untuk error 0xc00007b

Bagaimana cara install ulang .NET Fx?. Gampang, cukup buka halaman .NET Microsoftdownload versi .NET Framework yang terbaru / yang dibutuhkan ➡ lalu buka dan install program .NET-nya.

.NET bersifat gratis, open-source dan cross platform. Tidak ada biaya ataupun lisensi yang harus kamu bayar, termasuk untuk commercial use, buka halaman NET Frameworknya untuk melihat keterangannya.

5. Install ulang Visual C++

Microsoft Visual C++ package adalah serangkaian komponen yang dibutuhkan program agar dapat berjalan. Jika file VC++ ini corrupt, error The application was unable to start correctly bisa muncul, untuk itu lakukan re-install agar masalah selesai.

visual c++ untuk error 0xc00007b

Sama seperti program lainnya, kamu bisa menghapus instalasi program di Control PanelProgram and Features. Untuk setup Visual C++ kamu bisa mendapatkan filenya di situs resmi Microsoft. Oh ya, jangan lupa untuk melihat nama file dan versi tahun dari program-nya.

6. Periksa kesehatan hard disk

Masalah hardware juga bisa memicu munculnya error ini, terutama media penyimpanan yang langsung bersentuhan dengan data. Salah satu cara untuk mengecek kesehatan hard disk dengan bantuan command prompt (cmd).

mengecek kesehatan hard disk dari 0xc00007b

Untuk mengecek kesehatan hard drive:

  1. Tutup & simpan program yang sedang berjalan.
  2. Buka command prompt ➡ lalu ketik chkdsk c: /f /r.
  3. Tunggu proses scanning sampai selesai.

Note: letter c: pada perintah chkdsk di atas menyesuaikan dengan nama partisi tempat sistem operasi tersimpan. Jadi jika misalkan OS terinstall di letter z: maka gunakan z: /f /r.

7. Update sistem operasi

Melakukan update pada sistem operasi dapat menjadi solusi untuk memperbaiki beberapa bugs yang menyebabkan munculnya error. Selain itu, beberapa program dan fitur seperti DirectX, Visual C++ dan .NET Framework juga bisa di update lewat Windows Update.

Untuk melakukan update di Windows 10, klik Start Menu ➡ lalu klik Settings ➡ klik Update & Security ➡ tekan tombol Check for updates di sebelah kanan dan tunggu proses update sampai selesai. Saat proses instalasi berjalan, pastikan komputer tidak mati.

8. Buka aplikasi di perangkat lain

Metode ini lebih mudah untuk digunakan selama filenya tidak besar, karena bisa jadi masalahnya bukan berasal dari program / game melainkan komputermu. Coba copy file ke perangkat lain, install, lalu coba jalankan. Periksa juga tipe sistem operasi yang kamu gunakan, apakah itu 32 bit atau 64 bit.

mengecek tipe os mencegah error

Untuk mengakses halaman System, tekan tombol Windows + Pause/Break. Atau buka Start Menu ➡ lalu cari System Information ➡ lihat kolom System Type.

Leave a Comment