Cara Mengatasi d3dx9_43.dll is Missing

Teknozone.ID – Sedang muncul notifikasi d3dx9_43.dll is missing saat membuka game PES 2014, 2014, 2017 dan GTA? coba beberapa cara mengatasi error d3dx9_43.dll ini daripada kamu install ulang gamenya.

Di artikel ini, team mencoba mencari cara jitu untuk mengatasi the program can’t start because d3dx9_43.dll is missing dari beberapa situs expert dibidangnya.

Advertisement

 

Apa itu File d3dx9_43.dll ?

apa itu d3dx9_43

DirectX adalah serangkaian komponen program yang meungkinkan software, terutama game, agar dapat berfungsi secara langsung dengan perangkat keras audio & video kalian.

Game yang menggunakan DirectX bisa menggunakan fitur multimedia accelerator yang sudah tertanam di hardware agar lebih efisien.

Sedangkan, d3dx9_43.dll adalah satu dari sekian banyak file yang bisa kamu temukan dalam software DirectX. Saat ini, banyak game berbasis Windows menggunakan DirectX untuk keperluan grafik mereka.

Di sisi lain, munculnya error d3dx9_43.dll disebabkan karena sistem tidak dapat menemukan file ini.

 

Mengatasi Error d3dx9_43.dll is missing Windows 10

Beberapa cara di bawah ini membutuhkan jaringan internet agar dapat dilakukan, sediakan koneksi yang stabil dan tidak disarankan untuk menggunakan data internet / data plan.

Note: kami tidak memiliki hubungan apapun dengan situs pihak ke-3 yang menyediakan file dll yang kamu butuhkan karena tidak disarankan untuk mendapatkan dll dari situs selain Microsoft. Dengan membaca note ini, kami anggap kamu sudah mengerti.

1. Download & jalankan DirectX Web Installer

Sebelum melakukan metode ini, cek dulu ya versi DirectX yang kamu gunakan. Buka Start Menu ➡ lalu cari dan buka dxdiag, kemudian lihat versi DirectX kalian di halaman pertama System Information paling bawah bertuliskan DirectX Version.

cara download d3dx9_43.dll microsoft

Caranya, buka halaman DirectX Web Microsoft ini ➡ lalu tekan tombol download ➡ tentukan lokasi penyimpanan ➡ buka file dan ikuti petunjuknya.

DirectX Web Installer akan memudahkan kamu untuk mendownload DirectX versi terbaru untuk mengatasi error file d3dx9_43.dll yang hilang.

Note: DirectX Web installer yang kalian dapat dari link di atas memang berukuran kecil. Nanti, setelah kamu buka programnya, ia akan mendownload file DirectX asli yang dibutuhkan

2. Install versi terbaru dari DirectX untuk Windows

Berbeda dengan cara online di atas, kamu juga bisa menginstall DirectX menggunakan offline installer. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang minim kuota dan bisa download setup-nya ketika ada internet nanti. Sebelumnya, periksa dulu versi DirectX yang kamu gunakan dengan buka Run (Windows + R) ➡ lalu ketik dxdiag.

install d3dx9_43.dll offline

Caranya: Buka halaman DirectX End-User Runtimes dari Microsoft ➡ kemudian klik tombol download ➡ lalu tentukan lokasi penyimpanan file ➡ buka dan ikuti proses instalasinya. Berbeda dengan versi online, DirectX offline installer memiliki ukuran yang relatif lumayan besar tapi tak sampai memakan hard disk.

3. Copy file d3dx9_43.dll dari komputer lain

Jika kedua cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalahmu, kamu bisa coba metode yang satu ini. Lebih cepat, tapi ada kemungkinan untuk memunculkan error yang baru.

Cukup copy file d3dx9_43.dll dari komputer lain, lalu paste ke komputer kamu.

copy file d3dx9_43.dll dari komputer lain

Ada 2 cara:

  • Pertama, copy ➡ paste file d3dx9_43.dll dari komputer lain ke folder game yang bermasalah.
  • Kedua, copy ➡ paste file d3dx9_43.dll dari komputer lain ke folder system. Untuk 32-bit lokasinya ada di %WINDIR%\System32\ untuk 64-bit lokasinya ada di %WINDIR%\SysWOW64\.

%WINDIR% adalah lokasi folder WINDOWS pada partisi yang diinstal OS, biasanya lokasi default ada di C:\Windows.

4. Install ulang game PES, GTA dan lainnya

Biasanya, error d3dx9_43.dll is missing ini muncul pada game PES 2013, 2014, 2017 dan GTA San Andreas dan GTA V.

Sebelum kamu menginstall ulang gamenya, coba yuk cek dulu folder dari gamenya dan lihat apakah ada folder bertuliskan redist, vcredist, redist_ atau semacamnya di sana seperti gambar ini?

mengatasi d3dx49_43 hilang windows 10

Jika ada, install semua file yang ada di folder itu untuk menyelesaikan masalah d3dx9_43.dll is missing pada game PES ataupun GTA di komputer kamu.

5. Download file d3dx9_43.dll secara manual

Ingat, pihak kita tidak menyarankan untuk download file d3dx9_43.dll dari situs selain official Microsoft. Selain keamanan kamu, takutnya dll tersebut tidak sama dengan yang berasal dari Microsoft. File dll (dynamic link library) berisi rangkaian kode yang bisa digunakan untuk menjalankan game (program).

download file d3dx9_43 dll

Caranya: buka situs dll-files ➡ cari versi file d3dx9_43.dll yang terbaru ➡ tekan tombol download dan tentukan lokasi penyimpanan. Setelah itu, copy ➡ paste ke folder game atau folder sistem Windows 10. Untuk 32-bit lokasinya ada di %WINDIR%\System32\ untuk 64-bit lokasinya ada di %WINDIR%\SysWOW64.

6. Update sistem operasi Windows 10

Versi DirectX terakhir yang terpasang pada Windows 7 adalah 11.0 dan sudah built-in system, tidak ada standalone update untuk versi ini.

Untuk Windows 8, versi DirectX terakhirnya adalah 11.1 dan untuk 10 adalah DirectX 12. Ada kemungkinan Windows 10 yang kamu gunakan mungkin belum Update, kamu bisa mendapatkan update terbaru melalui fitur Windows Update.

update windows 10 directx terbaru

Caranya: tekan Start Menu ➡ lalu klik Settings ➡ klik Update & security ➡ di panel kanan, klik Get Updates.

7. Scan hard disk dengan antivirus

Meskipun kemungkinannya kecil, bisa jadi ada infeksi malware yang menyerang komputermu dan menginfeksi dll ini. Dalam beberapa kasus juga ada Windows Defender yang diambil alih oleh pihak ke-3.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi antivirus tambahan untuk menjaga komputer dari serangan malware. Meskipun ini terdengar seperti langkah preventif saja, coba lakukan scanning pada komputer dan lihat daftar file yang dikarantina oleh antivirus, apakah ada d3dx9_43.dll?

8. Update driver video card

Meskipun solusi ini tidak terdengar biasa, dalam beberapa situasi, mengupdate driver untuk video card di komputer kamu bisa menyelesaikan masalah DirectX yang tidak terdeteksi meskipun filenya ada.

Beberapa contoh game selain PES yang menggunakan d3dx9_43.dll agar game dapat berjalan dengan normal seperti: League of Legends, Guild Wars, World of Warcraft, World of Tanks, L.A. Noire dan GTA.

9. Restart komputer

Terakhir, obat dari segala error yang terjadi pada sistem operasi Windows 7 adalah melakukan restart dengan cara manual, buka Start Menu ➡ klik tombol Power ➡ klik Restart dan tunggu prosesnya selesai. Bisa jadi, munculnya error d3dx9_43.dll is missing ini hanyalah fluke yang mengatasi dengan cara restart.

 

Sistem operasi Windows di atas Windows 95, memiliki kemungkinan untuk mengalami error ini. Berikut, macam-macam tulisan error d3dx9_43.dll yang ditemukan pada game yang bermasalah:

  • D3dx9_43.DLL Not Found
  • The file d3dx9_43.dll is missing
  • File d3dx9_43.dll not found
  • D3dx9_43.dll not found. Reinstalling might help fix this.
  • The program can’t start because d3dx9_43.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.
  • There was a problem starting d3dx9_43.dll. The specified module could not be found.
  • Error loading d3dx9_43.dll. The specified module could not be found.
  • The code execution cannot proceed because d3dx9_43.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.
  • d3dx9_43.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vender for support.

Leave a Comment