Cara Mengatasi d3dcompiler_43.dll is Missing

Teknozone.ID – Beberapa program bisa mengalami “d3dcompiler_43.dll is missing” atau not found seperti GTA V, Max Payne, Photoshop, Need for Speed, Assassins Creed.

Dikarenakan d3dcompiler_43. dll adalah bagian dari Microsoft DirectX, memperbarui DirectX bisa mengatasi masalah error “d3dcompiler_43. dll missing” di komputer. DirectX End-User Runtime Web Installer bisa digunakan untuk mengupdate versi DirectX yang tertinggal dan mengembalikan file yang hilang.

Masalah “d3dcompiler_43.dll is missing” sebagian besar muncul ketika kamu menjalankan program atau software grafis di platform Windows, dan ketika error ini muncul, program tidak dapat dijalankan

 

Mengembalikan d3dcompiler_43.dll yang Hilang

Meskipun masalahnya terdengar rumit, ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Untuk mengembalikan file d3dcompiler_43.dll, ikuti langkah di bawah ini:

1. Jalankan Perintah SFC and DISM

lakukan scan sfc untuk d3dcompiler_43.dll yang hilang

Untuk menjalankan SFC (System File Checker):

  1. Buka command prompt (as administrator)
  2. Ketik sfc /scannow ➡ enter
  3. Tunggu proses scanning selesai.

Untuk menjalankan DISM (Deployment Image Servicing and Management):

  1. Buka command prompt (as administrator).
  2. Ketik: DISM.exe/Online /Cleanup-image /Restorehealth.
  3. Tekan enter ➡ lalu tunggu prosesnya selesai.

2. Update DirectX ke Versi Terbaru

Di Windows, kamu bisa memeriksa versi DirectX yang berjalan dengan menggunakan DxDiag, DxDiag berisi informasi tentang komponen DirectX dan driver yang terinstall.

lihat versi directx windows 10, 8, 7
DirectX Diagnostic Tool Windows 10, 8, 7

Tiap versi OS memiliki cara update yang berbeda, kamu bisa mengupdate directx secara otomatis menggunakan fitur update di Windows.

cara update directx windows

Windows 10

DirectX 11.3 dan 12 sudah termasuk ke dalam instalasi di Windows 10 dan Server 2016,. Update dapat dilakukan melalui Windows Update karena tidak ada stand-alone installer.

Windows 8.1 atau 8

DirectX 11.1 sudah satu paket dengan WIndows 8, Windows RT dan Windows Server 2012. Seperti Windows 10, kamu dapat mendownload versi DirectX yang terbaru menggunakan Windows Update.

DirectX 11.2 sudah include di Windows 8.1, untuk mengupdate versi DirectX gunakan Windows update. Untuk mengupdate ke versi selanjutnya kamu harus upgrade ke Windows 10

Windows 7

Windows 7 dan Server 2008 R2 sudah memiliki DirectX 11.0, untuk mengupdate ke versi 11.1 kamu harus upgrade ke Windows 7 SP1. Gunakan halaman update KB2670838 ini. Untuk mengupdate ke versi selanjutnya kamu harus upgrade ke versi Windows 8 atau 10.

 

DirectX End-User Runtime Web Installer

Jika kamu butuh versi DirectX terbaru dan mendownloadnya secara manual, gunakan DirectX End-User Runtime Web Installer dari Microsoft.com.

Microsoft: DirectX End-User Runtime Web Installer

DirectX Redistributable

Download package ini berisi DirectX end-user redistributable yang biasanya dapat disertakan oleh pengembang saat kamu mendownload software / game mereka.

Microsoft: DirectX Redistributable

3. Install Ulang Program

Biasanya, error d3dcompiler_43.dll is missing ini muncul pada game GTA V, Max Payne, Need for Speed, Assassins Creed.

Sebelum kamu menginstall ulang gamenya, coba yuk cek dulu folder dari gamenya buka folder bernama redist, vcredist, redist_ atau semacamnya di sana

install ulang game d3dcompiler_43.dll yang error

Jika ada, install semua file yang ada di folder itu untuk menyelesaikan semua error yang berkaitan dengan file-file ini.

4. Gunakan restore point jika ada

Di Windows 10, System restore adalah sebuah fitur yang digunakan untuk menyimpan data (snapshot) yang dibuat dalam bentuk restore point.

menggunakan restore point windows 10
  1. Buka Start Menu ➡ cari Create a restore point.
  2. Di bawah tab Protection Settingspilih partisi sistem ➡ klik System Restore.
  3. Klik Next ➡ lalu pilih Restore Point yang sudah dibuat.
  4. Klik Scan for affected programs untuk melihat aplikasi yang akan dihapus.
    program yang hilang di restore
  5. Klik Close.
  6. Klik NextFinish.

Setelah selesai, System Restore akan mengembalikan pengaturan komputer kembali seperti sedia kala.

Jadi ketika ada perubahan sistem yang terdeteksi atau masalah yang membuat OS rusak, restore point ini yang digunakan untuk mengembalikan sistem seperti sedia kala.

Perubahan sistem yang dimaksud disini seperti kegagalan saat mengupdate, install driver, aplikasi, atau memodifikasi pengaturan sistem dengan Registry Editor, dan lainnya.

 

Untuk artikel seputar troubleshooting dan Windows lainnya, cek juga:

Leave a Comment