Cara Mengatasi CMD Sering Muncul

Teknozone.ID – Jika kamu mengalami masalah aneh dimana cmd sering muncul, mau berapa kali-pun kamu menutup program command prompt (CMD) ia akan tetap muncul bahkan setelah kita mengakhirinya dengan Task Manager, kira kira apa ya penyebabnya?

Berdasarkan informasi yang tim dapat dari komunitas Microsoft dan pencarian dari berbagai referensi, masalah CMD yang sering muncul ini bukan masalah yang berbahaya, tapi masalah ini sangat mengganggu saat kamu menjalankan program pada mode full screen, terutama saat bermain.

 

Solusi Menghilangkan CMD yang Sering Muncul

Di bagian ini, tim menemukan beberapa problem solving yang mungkin bisa menyelesaikan masalahmu. Lakukan hal ini saat command prompt sering muncul:

1. Jalankan Komputer dalam Safe Mode

tampilan startup setting

Saran pertama yang saya sarankan adalah coba jalankan komputer Windows dalam Safe Mode, caranya: Tekan & tahan tombol Shift, lalu klik Start menuPower Restart. Setelah itu, klik Troubleshoot Advanced Options Startup SettingsRestart Enable Safe mode.

Setelah masuk Safe Mode, coba diamkan apakah ada command prompt yang tiba-tiba muncul lagi atau tidak, jika tidak ada bisa jadi penyebabnya bukan dari OS melainkan dari aplikasi lain atau mungkin virus.

Oh ya, untuk disclaimer: jika kamu melakukan recovery atau restore, ada kemungkinan kehilangan data. Jadi sebelum melakukan hal ini, pahami dulu bahwa ada kemungkinan data hilang.

2. Gunakan SFC Scan untuk Memperbaiki CMD

repair windows 7 dengan cmd 2 scannow

SFC dikenal sebagai System File Checker, fungsi ini dapat digunakan sebagai alat pemindai file Windows yang penting di komputer dan memperbaikinya (jika perlu).

File sistem yang hilang atau rusak seperti file DLL, INF dan lainnya dapat menyebabkan CMD rusak dan terus menerus bermunculan. Untuk itu, coba jalankan SFC untuk memperbaiki file sistem:

  1. Tekan Windows + R ➡ ketik CMD.
  2. Ketik sfc /scannow lalu tekan Enter.
  3. Setelah selesai, restart komputer.

3. Lakukan Scan Antivirus & Perbaiki Bad Sector

Bisa jadi ada file sistem yang hilang atau rusak seperti yang sudah dijelaskan di atas, sehingga CMD sering muncul bahkan saat komputer/laptop diam (idle).

Jika partisi sistem berisi bad sector atau terinfeksi oleh virus atau malware yang tidak dikenal, CMD mungkin tidak dapat bekerja secara normal.

Oleh karena itu, salah satu pencegahan dan cara untuk memperbaiki CMD yang muncul secara tiba-tiba adalah dengan memperbaiki bad sector dan membersihkan virus dengan software.

4. Update Sistem Operasi Secara Rutin

Beberapa tujuan dari sistem update di Windows 10 adalah memperbaiki bug dan meningkatkan keamanan sistem. Untuk itu coba lakukan update ke versi terakhir dengan cara manual:

  1. Update Windows.
  2. Buka Command Prompt, Run as administrator.
  3. Ketik “dism /online /cleanup-image /restorehealth“.
  4. Tunggu prosesnya selesai, lalu restart komputer.

5. Periksa Folder Startup

Startup adalah folder yang biasanya di isi dengan program-program atau script yang akan berjalan ketika komputer kamu masuk Desktop, beberapa orang juga menyebutnya Automatic (Delayed) seperti yang ada pada services.msc.

Folder Startup terletak di:

  • C:\Users\%nama_user%\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup.

Coba buka folder, lalu cek apakah ada script / program aneh yang ada di dalam folder? cek juga cara melihat file hidden di Windows, barang kali filenya memang disembunyikan.

6. Buat User Account Baru

Windows dan OS lainnya memiliki fitur user, terkadang user account ini juga bisa rusak dan menyebabkan cmd yang sering muncul beberapa menit sekali.

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat user baru (fresh user), dengan harapan masalah command prompt ini bisa teratasi.

Setelah semua jadi, cukup gunakan komputer secara normal dan perhatikan saja apakah command prompt masih sering muncul atau tidak.

 

Untuk artikel seputar troubleshooting dan Windows lainnya, cek juga;

Leave a Comment