Cara Mengatasi binkw32.dll is Missing

loading..

binkw32.dll merupakan file dynamic-link library yang dibutuhkan dalam menjalankan game yang memiliki codec Bink Video dibuat oleh RAD Game Tools, Inc.

Pesan error yang berhubungan dengan file binkw32.dll, diantaranya :

  • This application failed to start because binkw32.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.
  • This program can’t start because binkw32.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem
  • The procedure entry point _BinkSetVolume@12 could not be located in the dynamic link library binkw32.dll.

Error ini merupakan tanda bahwa ada kesalahan “entry point procedure“. Umumnya, error terjadi ketika kamu menjalankan game tanpa CD originalnya, atau yang biasa disebut versi tani.

Cara Mengatasi “binkw32.dll is missing from your computer”.

cara memperbaiki binkw32.dll is missing

Begini cara mengatasi “binkw32.dll is missing” :

Advertisement

  1. Pertama, pastikan jika error bukan dari kesalahan game. Coba jalankan kembali, bisa jadi error binkw32.dll hanya bersifat sementara saja dan dapat diperbaiki dengan merestart game.
  2. Coba download ulang instalasi game tersebut. Seharusnya, di dalam instalasi game sudah disediakan codec video binkw32.dll.
  3. Jika tidak berhasil, download lalu install RAD Video Tools untuk replace file binkw32.dll yang hilang atau rusak saat instalasi game.
  4. Jika game yang kamu coba install itu game tani, kemungkinan besar versi game itu sudah lawas. Coba cek website resmi game untuk mendownload pembaruannya. Cara ini ampuh untuk memperbaiki error “entry point prosedur _BinkSetVolume @ 12”
  5. “entry point prosedur _BinkSetVolume @ 12” dapat disebabkan juga oleh kartu VGA yang sudah lawas. Lebih baiknya, upgrade terlebih dahulu agar game dapat berjalan lancar.
  6. Salin file binkw32.dll dari folder sistem game ke folder root game. Dalam beberapa kasus, file binkw32.dll ditempatkan di folder yang salah saat game diinstal. Misal, game diinstal di C:\Program Files\Game, salin berkas binkw32.dll dari folder C:\Program Files\Game\System ke folder root game di C:\Program Files\Game.
  7. Kamu juga dapat mencoba memindahkan file binkw32.dll ke direktori sistem Windows, yaitu C:\Windows\System. Beberapa orang berhasil mengatasi error binkw32.dll dengan cara ini.
  8. Salin file original binkw32.dll ke folder instalasi game. Hal ini bertujuan agar game menggunakan file tersebut untuk menginstalasi paketnya.
    Misal instalasi Age of Empire III, buka file disknya, cari file Disk1C~1.cab. Buka file CAB itu lalu taruh binkw32.dll ke folder instalasi game.
  9. Terakhir dan cara yang paling ampuh, yaitu membeli versi original dari gamenya, hehe. Kamu tidak perlu memikirkan soal error dan selalu mendapatkan konten baru dengan update versi yang diberikan oleh developernya.

Jika cara diatas tidak ada yang berhasil, alangkah baiknya kita mengetahui spesifikasi minimum yang disarankan oleh game.

Advertisement

Demikian artikel cara mengatasi error “binkw32.dll is missing”, semoga bermanfaat.

Leave a Comment