Cara Mengaktifkan Telnet di Windows 10

Advertisement

Teknozone.ID – Telnet adalah protokol untuk menyediakan komunikasi melalui Internet atau LAN menggunakan koneksi terminal virtual. Kamu bisa mengaktifkan telnet di Windows 10 dengan 2 cara.

Fungsi Telnet di-instal secara default di Linux dan sistem operasi Mac yang dulu, tetapi harus diinstal secara manual untuk pengguna Windows dan macOS High Sierra 10.13 dan versi atasnya.

 

Cara Install dan Mengaktifkan Telnet di Windows 10

cara install telnet pada windows 10

Telnet tidak diinstal secara default di Windows, jadi jika user memasukkan perintah telnet akan mendapati pesan “telnet” tidak dikenali. Untuk menginstall fitur telnet

Advertisement

  1. Klik Start Menu.
  2. Buka Control Panel.
  3. Cari & Buka Programs and Features.
  4. Klik Turn Windows features on or off.
  5. Pilih opsi Telnet Client.
  6. Klik OK.

Jika metode di atas gagal, kamu masih bisa menginstall telnet dengan command line.

cara install telnet windows 10 lewat cmd

Ini cara install telnet dengan command line (bisa ditulis di cmd):

  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Ketik pkgmgr /iu:”TelnetClient”.
  3. Klik OK dan Windows akan menginstall telnet client.

Tapi, meskipun kamu sudah mengaktifkan telnet, bukan berarti langsung bisa menggunakan fungsi seutuhnya. Kadang ada beberapa pesan error, seperti:

Advertisement

  • Tcp connect failed
  • Connection refused
  • Operation timed out
  • Unable to connect to remote host

Jika komputer tidak dapat terhubung ke komputer lain, masalahnya bisa disebabkan pengaturan komputer tersebut atau konfigurasi di Jaringan.

Bisa disebabkan karena router, konfigurasi jaringan, pengaturan port forwarding. Masalah konflik pada software komputer seperti antivirus, aplikasi defender atau aplikasi pengontrol jaringan lainnya.

Advertisement

Membangun koneksi TCP/IP pada SequeLink Server

If you are experiencing problems when a TCP/IP connection is made to a SequeLink Server, follow these recommendations:

  • Jika server host bercirikan bukan berformat IP address, melainkan hostname simbolik, maka pastikan hostname tersebut bisa diubah menjadi format IP address. Error 2469 menunjukan bahwa server tidak bisa mengidentifikasikan host name menjadi IP address.
  • Pastikan jika koneksi TCP/IP memang bisa dibuat dengan server host tertentu menggunakan TCP/IP yang lain, seperti ping, telnet, ftp, atau traceroute apabila layanan bisa di request oleh host tersebut. Jika TCP/IP yang lain bisa terkoneksi, berarti yang jadi masalah ada pada SequeLink:
    1. IP address yang invalid
    2. hostname yang invalid meskipun sudah berformat IP address
    3. Server host yang mungkin saja mati.
    4. Server host tidak bisa mencapai client karena masalah routing.
  • Jika ada time limit yang diatur pada koneksi, cek barangkali sudah timeout. Error 2320 muncul pada saat TCP/IP tidak bisa terkoneksi ke server host dalam kurun beberapa waktu. Naikkan waktu interval dan coba lagi untuk mengkoneksikannya.
  • Jika port bercirikan nama daripada nomor, cek bisa saja nama tersebut bisa diubah ke nomor port. Error 2470 terjadi jika port tertentu tidak bisa diubah ke nomor port. cek pada file konfigurasi jaringan.
  • Konfirmasikan jika layanan SequeLink bisa menjangkau server host pada port tertentu. Gunakan command netstat -a pada host untuk mendapatkan daftar port TCP yang bisa terkoneksi.
  • Cek traffic yang ada pada server. Error 2306 atau Error 2308 terjadi jika TCP/IP bisa mencapai ke server dan terkoneksi pada server host dalam port tertentu, namun terlalu banyak request koneksi yang tertuju pada server host.
 

Untuk artikel seputar Windows 10 lainnya, cek juga:

Leave a Comment