Cara Mengaktifkan IDM di Chrome

Teknozone.ID – Kamu bisa mengaktifkan tombol IDM di Chrome dengan 2 cara, pertama lewat fungsi ekstensi Chrome, kedua lewat konfigurasi IDM di Options ➡ General.

Perlu diingat, situs-situs untuk streaming video memiliki aturan dan proteksi untuk konten video (Copyright). IDM, sebagai pihak ke-3 juga tidak mensupport penggunanya untuk melakukan hal tersebut. Itulah kenapa kadang tombol IDM hilang saat menonton YouTube

Advertisement

Disclaimer: mendownload video ber-copyright dari situs-situs legal seperti YT dan lainnya tidak dibenarkan. Artikel ini hanya menunjukkan bagaimana cara mengembalikan tombol IDM yang hilang di browser Chrome saat mengakses situs tertentu.

 

Penyebab Tombol IDM CC Tidak Muncul

idm tidak muncul di chrome

Terkadang ketika kamu memutar video di browser Chrome, tombol download IDM tidak muncul pada beberapa video tertentu, tetapi di situs lainnya muncul, kenapa ya?.

Misal, studi kasusnya di YouTube. Sebagian besar video di YouTube telah diproteksi dengan Copyright dan protokol spesial untuk menjaga video tersebut didownload. Menyimpan video dari YouTube dengan IDM adalah restricted atau dilarang, sehingga IDM memang tidak mensupport hal tersebut.

Tapi jangan khawatir, di artikel ini kita akan menunjukkan lokasi untuk mengaktifkan fungsi tombol download idm yang tidak muncul saat membuka video di YouTube.

 

Cara Mengaktifkan Ekstensi IDM di Chrome

Setelah mendownload aplikasi Internet Download Manager, ekstensi IDM akan otomatis muncul saat membuka browser Chrome, klik tombol Enable saat kamu melihat notifikasi seperti ini:

notifikasi idm hilang di chrome

Begini cara mengaktifkan ekstensi IDM di Chrome:

  1. Install IDM di komputer ➡ lalu buka browser Chrome ➡ lalu klik Enable pada notifikasi.
  2. Jika tidak ada notifikasi IDM ➡ buka & pasang ekstensi IDM dari Chrome Store.
  3. Tekan tombol Menu pada Google Chrome ➡ klik More Tools ➡ klik Extensions.
  4. Cari ekstensi IDM Integration Module ➡ aktifkan ekstensi.
  5. Restart Google Chrome untuk mengaktifkan IDM.

Jika masih ada masalah lagi, coba install ulang aplikasi IDM atau tambahkan ekstensi secara manual dengan tombol Load Unpacked. Ingat juga karena aplikasi keamanan seperti Antivirus juga bisa memblokir kamu ketika mengakses folder Chrome.

Ingat juga beberapa ekstensi saat di-install di Chrome bisa konflik dengan plugin ekstensi browser lainnya. Coba matikan beberapa ekstensi lain saat mengaktifkan IDM.

Note: Beberapa plugin IDM di Chrome Store bisa jadi palsu dan buatan perseorangan.

 

Mengatasi Tombol IDM Tidak Muncul di Chrome

Di beberapa situs, kamu tidak akan menemukan tombol Internet Download Manager, seringnya hal ini bukan karena error melainkan karena IDM tidak mensupport hal tersebut.

mengaktifkan tombol idm di youtube

Untuk mengembalikan tombol IDM hilang saat menonton YouTube, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka IDM dari System Tray ➡ lalu klik Options ➡ pilih General.
  2. Klik tombol Edit pada Customize IDM Download panels.
  3. Centang pada Show download panel di bawah.
  4. Klik OK untuk menerapkan pengaturan baru.

Ingat ya, cara ini tak direkomendasikan karena ini melanggar aturan yang berlaku. Jika browser tidak ada dalam daftar browser yang bisa dicapture IDM, cukup klik tombol Add browsercari file .exe aplikasi browser.

Leave a Comment