Cara Mencari Kata di PDF

Teknozone.ID – Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuka dan membaca PDF. Tapi, secara garis besar cara mencari kata di PDF bisa dilakukan dengan fitur “Find” atau “Find Text”.

Jika kamu memiliki PDF dengan jumlah halaman yang banyak, tentunya Acrobat Pro sangat direkomendasikan karena ada fitur katalog yang menghasilkan indeks untuk mempercepat hasil penelusuran / pencarian text.

Update Note: saat ini, kamu bisa membuka file PDF lewat Chrome, untuk mencari text pada PDF gunakan Ctrl + F untuk memunculkan Find, dan ketik text yang ingin kamu cari.

 

Fitur Search pada Dokumen PDF

cara menemukan kata di pdf

Find yang ada pada toolbar berfungsi untuk mencari text pada PDF yang sedang dibuka. Sedangkan, find and replace artinya mencari dan mengubah kata tersebut (bisa secara massal). Tapi, kamu hanya bisa mencari kata pada 1 PDF, tidak bisa multi PDF.

Untuk pengguna Adobe Acrobat, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pilih Edit > Find (Ctrl/Command+F).
  2. Ketik text/kalimat yang ingin kamu cari di textbox pada toolbar find.
  3. Untuk replace text, klik Replace dan ketik kata pengganti pada text box yang tersedia.
  4. Klik tombol Next.
  5. Klik Replace, untuk mengganti kata dengan kata yang baru.

Saat kamu menggunakan fitur Search, objek data dan gambar XIF (format file gambar extended) metadata juga ikut dicari. Tapi ingat juga, PDF bisa memiliki banyak layer, bisa jadi hasil “pencarian” kamu menemukan hasil yang tidak ada di file karena ada di layer lain.

 

Cara Mencari Kata di PDF dengan Chrome

cari kata di pdf dengan chrome

Saat ini, Chrome bisa kamu gunakan untuk membuka dokumen PDF. Jadi, menggunakan aplikasi pembaca pdf bukan sebuah keharusan lagi, caranya:

  1. Klik kanan PDF ➡ Open With ➡ Chrome.
  2. Tekan tombol Menu di Chrome.
  3. Klik Find ➡ lalu ketik kata yang ingin dicari.
  4. Tekan Enter.

Fitur search di Chrome ini jauh lebih cepat dan ringkas karena kita tak perlu lagi membuka aplikasi, tapi semakin besar ukuran PDF, semakin lama pula untuk membuka dokumennya.

Untuk artikel seputar PDF lainnya, cek juga:

Leave a Comment