Cara Menampilkan FPS (Frame Per Second)

Advertisement

Teknozone.ID – Bagi pengguna kartu grafis NVIDIA, cara menampilkan fps saat bermain game dapat dengan mudah bisa kamu lakukan lewat GeForce Experience.

Katakanlah kamu menggunakan VGA card berbeda, atau game sepertinya tidak berjalan halus, atau mungkin kamu ingin mendiagnosa masalah saat bermain.

 

Steam’s In-Game Overlay

Di Steam, kamu bisa menampilkan FPS saat bermain game melalui pengaturan launchernya. Buka Steam ➡ Settings ➡ In-Game, tunjukkan fps di In-Game FPS Counter.

cara memunculkan fps game steam

Pilih lokasi FPS di tampilkan, setelah itu kamu bisa melihat tampilan FPS saat game dimainkan. Sayangnya angkanya FPS yang muncul agak kecil dan sulit ditemukan, ada 4 pilihan sudut yang bisa kamu gunakan.

Advertisement


NVIDIA GeForce Experience

Jika kamu memiliki VGA NVIDIA terbaru yang mendukung ShadowPlay, kamu juga bisa mengaktifkan fitur untuk menampilkan FPS dalam game melalui NVIDIA GeForce Experience.

Buka GeForce Experience ➡ Di aplikasi, klik tombol “Pengaturan” ➡ In-Game Overlay ➡ Settings.

cara memunculkan fps game nvidia

Setelah muncul overlay dari NVIDIA, klik HUD Counter ➡ FPS ➡ atur penempatan munculnya FPS saat bermain game.

Advertisement

cara menampilkan fps counter

Sudah, tutup overlay dan jalankan aplikasi game seperti semula. Ada baiknya untuk menggunakan pengaturan default NVIDIA untuk hasil maksimal saat bermain.


FRAPS

cara menampilkan fps game

Terakhir dari tim, cara menampilkan FPS selanjutnya bisa dibantu dengan aplikasi FRAPS. Sebenarnya FRAPS ini adalah aplikasi untuk merekam layar (video recording), tapi kamu tak harus merekam layar untuk menggunakan FPS Counter.

Advertisement

Tampilkan FPS Counter saat bermain dengan FRAPS, install dan atur programnya, lalu biarkan program berjalan seperti apa adanya (minimize). Kamu bisa menekan tombol (hotkey) untuk menampilkan dan menyembunyikan penghitung FPS.

FRAPS ini sangat cocok untuk kamu yang kesulitan untuk menampilkan FPS, tak semua game memiliki pengaturan untuk menampilkan FPS. Beberapa game yang bisa memunculkan FPS seperti Minecraft, DoTA 2, Counter Strike Global Offensive.

 

Tertarik dengan artikel seperti ini?

Leave a Comment