Cara Mempercepat Internet

X
Loading...

Teknozone.ID - Mempercepat koneksi internet bukanlah cara yang mudah, terlebih berbagai metode teknis sering kali dilakukan dan masih gagal. Coba cara mempercepat internet dengan cmd ini.

CMD bisa dilakukan untuk melakukan beberapa trik, seperti: DNS cache, melakukan ping ke default gateway atau menggunakan perintah netsh int tcp, trik dan cara ini bisa membantu mempercepat internet.

Cara Mempercepat Internet dengan CMD

Untuk mengecek PING WiFi dengan CMD:

Buka command prompt dengan menekan logo Windows + R. Lalu, ketik cmd dalam kolom yang tersedia. Jika sudah, ketik ping alamatip -t lalu tekan enter. Contoh, ping 192.168.1.1 -t.

Mengecek kecepatan internet dengan perintah ping

Pertama, periksa dulu apakah koneksi kalian lancar dan tak terganggu antara PC / laptop dengan Gateway. Untuk mengetahui berapa IP gateway kalian, gunakan perintah ipconfig atau ipconfig /all.

cara mencari ip gateway dengan cmd

Advertisement

Setelah kalian mendapatkan ip gateway, gunakan perintah ping untuk mengecek apakah jaringan putus-putus, atau normal?. Angka-angka ini dapat menjelaskan, semakin kecil angkanya, semakin baik, misalnya <1ms atau <2ms.

cek ping di cmd untuk cari gateway

Untuk mengecek kecepatan jaringan antara perangkat dengan gateway ip, cari ip gateway terlebih dahulu dengan command ipconfig atau ipconfig/all, lalu lakukan ping ke ip gateway, dengan format ping <ip address gateway>, contoh: ping 192.168.100.1.

Menggunakan flushdns untuk mempercepat Internet

Advertisement

Pertama dan utama, kalian harus memeriksa apakah Receive Window Auto-Tuning level bertuliskan normal dengan perintah netsh int tcp show global. Jika tidak, baru lanjut dengan perintah selanjutnya.

Langkah 1: Menjadikan parameter Receive Window Auto-Tuning ke normal

tcp receive di cmd

Jika level auto-tuning tidak normal, gunakan perintah netsh int tcp set global autotuninglevel=normal. Perintah ini akan mengatur TCP receive ke Normal dari keadaan dinonaktifkan atau dibatasi (disabled / restricted state)

TCP receive adalah salah satu faktor kunci dalam kecepatan download jaringan internet. Itulah mengapa, membuat TCP receive menjadi normal, akan menaikkan kecepatan koneksi.

Langkah 2: Menjadikan parameter Windows scaling heuristics disabled

Setelah mengecek TCP receive, parameter lain yang harus diperiksa adalah Windows scaling heuristics. Untuk memeriksa parameter ini, gunakan perintah: netsh interface tcp show heuristics.

scaling heuristics di cmd

Pada gambar diatas, Window scaling heuristics-nya sudah disabled. Jika punya kalian mungkin masih aktif / enabled, gunakan perintah netsh interface tcp set heuristics disabled untuk menonaktifkannya.

Parameter Window scaling yang aktif, bisa membatasi kecepatan internet yang digunakan, entah kenapa Microsoft Windows menonaktifkannya, dalam keadaan default opsinya sudah mati.

Advertisement

Perintah IP release dan renew di command prompt

perintah ip renew mempercepat internet

Jika kalian menggunakan koneksi WiFi, dalam keperluan IP release dan renew (memperbarui alamat IP) bisa membantu untuk untuk meningkatkan kecepatan internet, meskipun sementara, tergantung dari kekuatan sinyal. Tetapi, cara ini tidak mempengaruhi kecepatan internet di jaringan LAN.

perintah ip release mempercepat internet

Perintah yang digunakan harusnya berurutan, pertama ipconfig /release kemudian ipconfig /renew. Sekali kalian mengetik ipconfig /release, koneksi internet harus diperbarui sebelum bisa digunakan.

Perlu kalian tau, command prompt (cmd) adalah aplikasi bahasa command line yang tersedia di sistem operasi Windows, digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan.

Cara Mempercepat Internet Wifi.ID

Kecepatan sebuah wifi id yang lambat kebanyakan bukan masalah di perangkat kita, tetapi karena host atau uagen wifi.id yang kebanyakan masih individu atau ukm. Sehingga, perangkat yang digunakan juga seadanya.

  1. Perbarui IP dengan perintah ip renew.
  2. Gunakan bantuan mikrotik + kabel LAN.
  3. Mendekat ke sumber sinyal wifi id

Jarak, dan host wifi id yang digunakan sangat berpengaruh. Misalnya, jika kalian menggunakan wifi id di daerah rumah dan bandingkan wifi id yang dekat dengan hotel, cafe atau mall besar, jelas kecepatannya berbeda jauh.

Advertisement

Misalnya, dalam gambar dibawah ini, saya menggunakan bantuan alat mikrotik RB 941-2nD (hAP Lite) untuk menangkap sinyal wifi id lalu disambung dengan LAN via WinBox.

kecepatan wifi id di mikrotik

Dengan bantuan mikrotik, kita dapat menarik sinyal dari tempat yang berbeda untuk disebar lagi, entah itu untuk LAN atau bantuan router APN. Dalam case ini, saya menggunakan 2 kabel LAN.

mengecek sinyal wifi id dengan mikrotik

Tetapi, pengaruh besar dari kecepatan wifi id ada di sinyal atau signal strength. Untuk memeriksanya masuk ke Interfacewlan1Scan. Periksa berapa kekuatan sinyalnya, semakin kecil angkanya, semakin baik.

Jadi, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan jaringan internet adalah jarak, jenis koneksi yang digunakan, serta kecepatan ISP itu sendiri.

Sumber artikel ini: fossbytes.com

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊