Cara Memperbesar Suara Laptop


Teknozone.ID – Volume sudah full 100 tapi suara laptop masih kecil? coba deh lakukan cara memperbesar suara laptop ini, karena ada settingan loudness equalization juga yang bisa kamu manfaatkan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan volume laptop tidak maksimal. Pastikan dulu kamu sudah menginstall driver terbaru dari soundcard yang kamu gunakan, lihat di pembahasan seputar cara update driver di Windows 10 dan cara update driver otomatis.

Istilah ini sering dikenal juga dengan sebutan normalization, misalnya kamu bisa melihat opsi untuk boosting volume sampai 200% di VLC atau media player lainnya.

 

Deskripsi & Penyebab Suara Laptop Kecil

Tidak ada penyebab pasti yang membuat output suara laptop menjadi kecil, kecuali kamu menginstall aplikasi yang berhubungan dengan perangkat suara secara langsung. Output suara yang kecil bukanlah hal baru bagi pengguna Windows.

Periksa pengaturan volume (volume control) atau program yang mengatur suara, seperti Realtek 3D SoundBack atau VIA HD Audio Deck, Audio Codec dan lainnya.

Pastikan untuk mencoba menggunakan bantuan Windows troubleshooter untuk mengecek error yang ada pada perangkat suara.

 

Cara memperbesar di laptop Windows 10

Jika suara laptop yang keluar “lebih” kecil dibanding bar volume yang sudah full, coba lakukan beberapa cara ini untuk memaksimalkan outputnya.

1. Lakukan Audio Troubleshooter

Buka Start Menu ➡ Klik Settings ➡ System ➡ di panel kiri, tekan Audio. Di panel kanan, lihat bagian Output, lalu klik tombol Troubleshoot di bagian bawah Master Volume.

Atau, untuk melakukan troubleshooter pada speaker terkait:

  1. Klik kanan pada logo volume ➡ klik Troubleshoot sound problems.
  2. Pilih perangkat audio yang digunakan ➡ Next.
    troubleshooter perangkat audio
  3. Tunggu hingga troubleshooter mendeteksi masalah yang ada.
  4. Lakukan yang disarankan troubleshooter.
    memperbaiki audio error windows 10
  5. Restart laptop.

Untuk solusi dasar, troubleshooter dari Windows 10 adalah cara tercepat dan paling efisien juga ada masalah. Siapa tau setelah error diperbaiki bisa memperbesar output suara laptop.

Periksa juga pengaturan volume pada aplikasi yang kamu gunakan, buka pengaturan options lalu cari opsi yang berhubungan dengan audio output.

2. Periksa pengaturan Volume Control

Volume control yang dimaksud di sini adalah pengaturan volume yang bisa kamu akses dan langsung memberikan efek pada suara. Tekan icon lalu setting volume ke maksimal, jika masih kecil juga lakukan hal ini.

mengatur volume level speaker
  1. Klik kanan pada logo speaker di Taskbar.
  2. Klik Open Volume Mixer ➡ klik device yang digunakan.
  3. Klik Level ➡ atur semua volume ke 100.
  4. Klik Apply & OK.

Pastikan semua pengaturan speaker di atas sudah maksimal karena beberapa laptop juga memiliki pengaturan untuk rotasi volume di depan atau samping.

Saat mengakses Volume Mixer, kamu juga bisa melihat seberapa besar volume yang dapat keluar dari program tersebut, lihat gambar ini:

setting volume mixer laptop

Di volume mixer kamu juga bisa melihat pengaturan volume dari software third party, siapa tau program yang kamu buka memiliki pengaturan volume lebih kecil dibanding output device speaker yang sudah full.

3. Memilih Playback Device yang aktif

Hal ini berlaku untuk yang menggunakan 2 perangkat sekaligus seperti headset. Kamu bisa memilih playback device di kolom volume:

cara pilih playback device

Cara lain untuk memilih playback device bisa dilakukan lewat volume mixer, klik kanan pada logo volume ➡ klik Open Volume Mixer ➡ klik Playback Device di kolom Device dan pilih yang aktif.

pilih playback device volume mixer

Kadang, saat kamu buka aplikasi atau game saat kondisi playback device di speaker, suaranya tidak muncul di headset. Bisa jadi pengaturan speaker dan headset kamu berbeda.

4. Aktifkan Loudness Equalization

cara mengaktifkan loudness equalization

Loudness equalization meratakan output audio sehingga suara yang lebih keras dan lebih hening. Begini cara mengaktifkan loudness equalization:

  1. Klik kanan pada logo speaker di Taskbar.
  2. Klik Open Volume Mixer ➡ klik device yang digunakan.
  3. Klik tab Enchantments ➡ centang Loudness Equalization.
  4. Klik Apply & OK.

5. Restart driver Sound Controller

reset driver audio laptop

Mungkin driver sound yang kamu gunakan bermasalah, ada update yang belum selesai atau corrupt. Ikuti cara ini untuk menginstall ulang driver suara:

  1. Buka Start Menu ➡ Buka Device Manager.
  2. Cari Sound, video and game controllers.
  3. Klik kanan pada driver yang digunakan ➡ klik Disable device.
  4. Klik Yes jika kotak dialog muncul.
  5. Tunggu beberapa saat lalu klik Enable device.
  6. Restart laptop.

6. Update Driver Audio

Caranya sama seperti restart driver tapi bedanya kamu menekan tombol Uninstall. Setelah itu, install ulang lagi drivernya seperti biasa.

Untuk yang menggunakan Realtek, akses di halaman web Realtek – High Definition Audio Codecs Software ini. Untuk pengguna VIA tech, bisa akses di VIA Tech Driver Download ini.

Untuk informasi troubleshooter lainnya, cek di artikel ini:

Atau bisa gunakan fitur Updates di Windows 10. Klik Start Menu ➡ Settings ➡ Updates & Security ➡ Check for updates. Siapa tau kamu bisa memperbesar suara laptop setelah mengupdate driver audio ke versi terbaru.

Leave a Comment