Cara Membuka File RAR

Teknozone.ID – File RAR adalah file terkompresi yang dibuat oleh pengarsip WinRAR. File RAR dapat dipecah menjadi beberapa arsip multi-volume untuk mengatasi file besar.

Layaknya file berekstensi archive lainnya, file Rar perlu di ekstrak dan kamu bisa membuka file rar aplikasi archive.

 

Cara Membuka File & Folder RAR

cara buka file rar laptop
  1. Simpan file .rar ke desktop. Biasanya file tersebut disimpan di folder Unduhan/Download di Dokumen atau direktori pengguna.
  2. Buka aplikasi arsip dari Start menu atau Shortcut Desktop. Ada banyak aplikasinya, kamu bisa menggunakan WinZip atau WinRAR.
  3. Buka file RAR dengan cara klik kanan ➡ Open. WinZip dan WinRAR akan otomatis membuka file yang ada di dalamnya.
  4. Pindahkan file di dalam RAR dengan cara drag n drop.
 

Cara Ekstrak File Archive RAR

Mengextract isi file berformat .rar dari archive ke komputer sama mudahnya dengan cara membuka file archive rar. Bisa langsung lewat klik kanan ➡ extract, atau gunakan cara ini:

  1. Buka archive .rar yang akan di extract.
  2. Pilih file yang akan di extract.
  3. Klik Extract to dari toolbar.
    cara ekstrak file rar
  4. Pilih lokasi untuk extract.
  5. Klik OK.
 

Apa itu File RAR?

File RAR adalah file terkompresi yang digunakan untuk menyimpan file yang berukuran besar dalam arsip, agar ia tidak memakan ruang yang banyak pada hard disk dan membuat transfer file jadi lebih cepat & mudah.

File RAR dapat dengan mudah kita kenali dengan nama ekstensi .rar di bagian belakangnya. Sayangnya, saat artikel ini dibuat Microsoft belum memiliki software bawaan yang mensupport Windows 10 untuk mengolah data di dalamnya, itulah kenapa kamu membutuhkan aplikasi pihak ke-3.

Saat artikel ini dibuat, WinZip adalah aplikasi file kompresor untuk Windows, macOS, iOS dan Android yang dikembangkan oleh WinZip Computing. Ia dapat membuat arsip dalam format file Zip, dan mengekstrak beberapa format file arsip lainnya

 

Untuk informasi tutorial menarik lainnya, cek juga artikel:

Leave a Comment