Cara Membuat Link Google Drive

Teknozone.ID – Dengan membuat link share Google Drive, kamu bisa berbagi file, foto, video, dokumen dan lainnya dengan teman secara cloud, cara yang mudah dan efisien untuk membagikan informasi.

Tapi sebelum itu, perlu kita ingatkan bahwa Google Drive versi gratis yang kalian dapatkan dengan cara membuat Gmail, memiliki kapasitas yang terbatas yaitu sebesar 15GB.

Advertisement

Bagaimana cara melihat kapasitas dan sisa kapasitas di Google Drive? buka halaman drive.google.com ➡ login akun gmail ➡ lihat sisi sidebar sebelah kiri, klik Storage.

cara melihat sisa storage drive

Okey, kita bagi urutan tutorialnya menjadi 3 tahapan, membuat link gd ➡ share link gd ➡ lalu membuat bit.ly link google drive.

 

Cara Membuat Link Google Drive

Langkah pertama adalah langkah tercepat untuk membuat link dari file yang tersimpan di akun Google Drive. Untuk lebih lengkapnya, lihat gambar dan cara di bawah ini:

cara buat link google drive
cara #1 untuk membuat link google drive

Cara #1: login ke halaman drive.google.com ➡ upload file ➡ klik kanan pada file ➡ klik Get shareable link.

cara membuat link gd
cara #2 untuk mendapatkan link share google drive

Cara #2: login ke halaman drive.google.com ➡ upload file ➡ tekan tombol Get Shareable link di toolbar atas.

 

Cara Share Link Google Drive

Setelah mendapatkan link, tugasmu selanjutnya adalah membagikan link agar dapat diakses. Tapi, jangan lupa ubah hak akses untuk setiap orang yang membuka link. Kamu juga bisa menentukan siapa saja yang dapat membuka file tersebut, bisa via link atau lewat tambah email.

Cara #1: membagikan file Google Drive lewat link

cara share link google drive

Buat link Google drive ➡ tekan tombol Share di toolbar atas. Di bagian Get Link (Bawah) ➡ klik Copy Link. Edit hak akses orang yang membuka link.

Cara #2: share file Google Drive via email

cara share google drive via email

Buat link Google drive ➡ tekan tombol Share di toolbar atas. Di atas Share with people and groups ➡ tambahkan email penerima.

Apa bedanya share link GD dengan lewat email dan lewat link?.

Share dengan email artinya file tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna email yang ditambahkan. Sedangkan, share via link artinya semua orang yang mengklik link tersebut bisa membuka filenya.

 

Cara Membuat Bit.ly Google Drive

Setelah mendapatkan link google drive, kamu bisa langsung share link tersebut atau memendekkan link (shorten link) dengan menggunakan Bit.ly.

Caranya: copy link share dari google drive ➡ buka bitly.com ➡ paste link GD di sana ➡ klik Shorten.

Apa bedanya antara link bitly dan link google drive langsung? bedanya hanya link-nya lebih pendek. Tapi kalau kamu seorang developer, menggunakan banyak shorten akan menaikkan jumlah redirect.

Selesai, sampai sini harusnya kalian sudah bisa membuat, membagikan dan memendekkan link Google Drive. Untuk mencoba apakah linknya sudah bekerja atau belum, buka incognito (Ctrl + Shift + N) di browser kamu lalu buka linknya.

 

👉 Baca dulu ToS dari Google Drive ini

Jika kalian menggunakan Google Drive untuk keperluan profesional, artinya kamu sudah membaca dan setuju tentang Terms of Service Google terhadap produk Google Drive.

Disana tertulis bahwa hak kepemilikan dari kekayaan intelektual (intellectual property) dalam bentuk apapun yang kamu miliki di Google Drive tetap menjadi milik kamu.

Google tidak men-klaim hak kepemilikan dari konten termasuk text, data, informasi dan file-file yang kamu simpan maupun share di dalam akun Google Drive kamu.

Leave a Comment