Cara Membuat File RAR

Teknozone.ID – Membuat File RAR adalah cara terbaik untuk mengkompres atau mengecilkan ukuran file sehingga tidak memakan ruang berlebih pada hard drive.

Membuat file dengan format RAR-pun tak sesulit kelihatannya, cukup menggunakan satu klik tombol dan aplikasi bernama WinRAR.

Aplikasi free (trial 30-hari), kamu bisa membeli lisensinya jika memang bermanfaat. Meskipun lisensi WinRAR-mu sudah habis, jangan khawatir karena tetap bisa digunakan seterusnya.

 

Cara Membuat Archive RAR di Windows 10

RAR merupakan format archive yang paling populer di Windows 10, itulah kenapa tim akan menggunakan screenshot yang diambil di OS Windows 10.

Program yang dibutuhkan: untuk melakukan tutorial ini, kamu membutuhkan aplikasi bernama WinRAR.

cara buat file rar

Untuk membuat file format RAR, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Klik kanan pada file / folder ➡ lalu pilih Add to archive.
  2. Setelah file RAR jadi ➡ berikan nama ➡ klik OK.
  3. Selesai, file RAR akan dibuat disamping file/folder.

Perlu diingat, mengkompres file berukuran besar akan memakan waktu yang lebih lama. Tapi akan ada perbedaan antara file RAR yang dikompres dengan file original yang besar.

Jangan khawatir karena file original tidak akan terhapus, jadi meskipun kamu menghapus file original kamu masih memiliki backup RAR yang bisa di extract kapanpun.

 

Cara Membuat RAR Secara Online

Well, katakanlah kamu bukan tipikal orang yang senang ada program di komputer dan ingin membuat komputer seminimalis mungkin.

cara buat rar online

Kamu bisa membuat file rar via online dengan cara ini:

  1. Buka situs convertio.co ➡ pilih rar converter.
  2. Klik Choose files ➡ lalu upload file yang ingin di jadikan rar.
  3. Tunggu proses convert rar selesai.
  4. Simpan file ke komputer.

Note: Tidak disarankan untuk file yang berukuran besar karena selain membutuhkan waktu untuk membuat rar, proses upload dan download juga memerlukan jaringan internet yang cepat.

 

Cara Ekstrak File Archive RAR

Mengextract isi file berformat .rar dari archive ke komputer sama mudahnya dengan membuat file archive .rar. Bisa langsung lewat klik kanan ➡ extract, atau gunakan cara ini:

  1. Buka archive .rar yang akan di extract.
  2. Pilih file yang akan di extract.
  3. Klik Extract to dari toolbar.
    cara ekstrak file rar
  4. Pilih lokasi untuk extract.
  5. Klik OK.
 

Apa itu File RAR?

File RAR adalah file terkompresi yang digunakan untuk menyimpan file yang berukuran besar dalam arsip, agar ia tidak memakan ruang yang banyak pada hard disk dan membuat transfer file jadi lebih cepat & mudah.

File RAR dapat dengan mudah kita kenali dengan nama ekstensi .rar di bagian belakangnya. Sayangnya, saat artikel ini dibuat Microsoft belum memiliki software bawaan yang mensupport Windows 10 untuk mengolah data di dalamnya, itulah kenapa kamu membutuhkan aplikasi pihak ke-3.

Untuk informasi tutorial menarik lainnya, cek juga artikel:

RAR adalah salah satu media paling mudah untuk membagikan file, selain RAR masih banyak format archive lainnya yang bisa kamu gunakan. File berekstensi rar juga kebanyakan belum bisa dibaca dengan menggunakan archive lain.

Leave a Comment