Cara Mematikan Notifikasi Windows 10

Teknozone.ID – Notifikasi yang sering muncul di Windows 10 memang seringnya mengganggu, apalagi saat pekerjaan padat dan sedang fokus, di sini tim akan memberikan informasi bagaimana cara kami mematikan notifikasi mengganggu di Windows 10.

Tapi sebelumnya, pastikan dulu untuk menyimpan pekerjaan yang sedang kalian lakukan, tak perlu membuat backup karena tak ada yang dihapus. Kamu bisa mengatur kemunculan notifikasi lewat Settings atau lewat konfigurasi di Control Panel.

Di sini, kami akan membagi sub pembahasan membagi 2. Pertama bagaimana cara untuk mematikan notifikasi Windows 10 secara permanen, dan bagaimana cara mematikan notifikasi Windows 10 saat bermain game saja.

 

Cara Mengubah Pengaturan Notifikasi di Windows 10

mematikan notifikasi windows 10

Untuk menghilangkan satu atau beberapa notifikasi secara permanen, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Klik Start Menu ➡ lalu klik Settings.
  2. Buka SystemNotification & actions.
  3. Pilih notifikasi yang ingin dimatikan dan kapan notifikasi muncul.
  4. Tutup jendela Notification & actions setelah selesai.

Di Windows 10, action center adalah tempat dimana user dapat menemukan notifikasi dari aplikasi yang diinstall beserta Quick action (seperti saat flash disk dicolok).

Kamu bisa mengakses action center ini kapanpun lewat Settings di Start Menu. Akses Pengaturan noifikasimu dengan tombol ini.

Mematikan Notifikasi di Windows 10 Sementara

Windows 10 memiliki fitur yang bernama “Quiet Hours” namun sekarang namanya berubah menjadi Focust Assists. Quiet Hours muncul sejak update Fall Creators, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur notifikasi pada jam jam tertentu saja.

Quiet hours, berlogo bulan ini bisa kamu temukan di menu notifikasi di pojok bawah kanan, tekan logo “pesan”

notifikasi quiet hours windows 10

Di Windows 10 Update 2004, namanya berubah menjadi focust assist. Pengaturan Focus Assist bisa kamu temukan di Settings ➡ System ➡ Focus Assist. Jika fungsi ini aktif, notifikasi di Windows 10 akan dimatikan untuk sementara waktu.

 

TL;DR

Notifikasi yang muncul di Windows 10 memang selalu berubah setiap waktunya, tapi sayangnya tak semua orang menyukai notifikasi dan suara yang muncul ketika sedang bermain game atau sedang fokus bekerja.

Di Notification Settings, kamu bisa mematikan semua notifikasi secara instan dengan cara mengubah Get notifications from apps and other senders menjadi Off.

Tapi, jika kamu pikir notifikasi ini bermanfaat tapi mengganggu di saat tertentu saja, gunakan Focus assist. Klik Focus assist settings ➡ geser When i’m playing a game ke On.

 

Untuk informasi seputar Windows 10 lainnya, cek:

Leave a Comment