Cara Kerja keyboard Komputer

Advertisement

Pada dasarnya, komputer bekerja terdiri dari 3 komponen, yaitu hardware, software, dan brainware. ketiganya memiliki tugas masing-masing mengoperasikan komputer.

Kali ini kita membahas salah satu komponen komputer, yaitu keyboard. Pengertian keyboard sendiri adalah alat input yang digunakan untuk mengirim informasi ke dalam komputer dengan menjalankan serangkaian perintah.

Fungsi utama keyboard berada dalam tombol-tombol hurufnya, keyboard memberikan kita fasilitas agar dapat mengetik pada komputer.

 

Cara Kerja Keyboard

cara kerja keyboard bagian dalam keyboard

Di dalam keyboard, tiap rangkaiannya terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tiap tombol. Ketika kita menekan sebuah tombol, tombol tersebut menyalakan sebuah saklar, menjadikan rangkaian tersambung dan mengalirkan arus listrik.

Keyboard juga memiliki processornya sendiri, terdiri dari rangkaian sirkuit yang mengolah tekanan tiap tombol menuju ke processor pada komputer. Cara kerja keyboard berpusat di PCB, atau bisa disebut key matrix.

Key matrix adalah rangkaian jalur yang cara kerjanya mirip dengan saklar. Setiap kita menekan tombolnya, rangkaian akan tersambung dan keyboard mulai mengirimkan data tersebut ke processor komputer. Sama halnya jika kita menekan tombolnya berulang-ulang.

 

Susunan Tombol pada Keyboard

Keyboard memiliki banyak tombol-tombol, yang disusun sedemikian rupa untuk memudahkan kita dalam menggunakan. Tiap tombol akan kita jelaskan dengan membagi sesuai kegunaannya. diantaranya:

1. Tombol Alternatif

cara kerja keyboard tombol alternatif

Fungsi utama bagian tombol ini adalah memudahkan kamu dalam pengoperasian komputer. Contohnya Enter yang berfungsi memilih suatu perintah atau memulai paragraf baru dalam mengetik.

Ada juga tombol ESC, membatalkan suatu perintah yang sedang berjalan. TAB, Alt, dan logo Windows untuk navigasi antar tampilan dengan mudah.

2. Tombol Ketik

cara kerja keyboard tombol ketik

Sesuai namanya, tombol ini utamanya digunakan untuk mengetik. Berada pada tengah-tengah keyboard dengan susunan QWERTY nya.

Sebenarnya ada susunan huruf seperti DVORAK dan lainnya, namun QWERTY menjadi standar internasional semua keyboard.

3. Tombol Fungsi

cara kerja keyboard tombol fungsi

Pada bagian atas keyboard, terdapat susunan tombol dari F1 sampai F12. Tombol itu mempunyai fungsi bermacam, yang biasanya diatur oleh tiap aplikasi per tombolnya

Pada keyboard laptop, ada tombol fungsi Fn yang jika dikombinasikan dengan tombol fungsi lain akan menjalankan suatu perintah yang sudah diatur.

4. Tombol Navigasi

cara kerja keyboard tombol navigasi

Tombol satu ini memudahkan kita dalam navigasi suatu aplikasi. terdiri dari Insert, Delete, Home, End, Page Up, Page Down.

Biasanya, tombol navigasi berguna pada saat kita mengetik menggunakan microsoft word, ataupun menjelajahi file pada windows explorer.

5. Tombol Control

cara kerja keyboard tombol control

Tombol control berada pada pojok bawah layout keyboard. Cara kerjanya sama dengan tombol fungsi,yaitu dengan mengkombinasikan beberapa tombol lain.

Misalnya kombinasi Ctrl+C untuk menyalin suatu file atau huruf, Ctrl+S untuk menyimpan dokumen pada Word, Ctrl+Alt+Del untuk shortcut membuka Task Manager.

Lebih lengkapnya: Shortcut Keyboard Windows 10

 

Jenis-Jenis Keyboard

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel berjudul jenis jenis keyboard. Saat ini, keyboard mempunyai banyak macam bentuk, konektor, dan jenis inputnya. Berikut macam-macam nya:

Keyboard Berdasarkan Konektornya

Konektor Serial Port

cara kerja keyboard konektor serial

Merupakan konektor lawas pada keyboard, terhubung ke komputer menggunakan port serial dengan model DIN 5 male yang ditemukan pada komputer tipe AT.

Konektor PS/2

cara kerja keyboard konektor ps2

Konektor ini biasanya ditemukan pada komputer ATX dengan memiliki 2 port, warna ungu untuk keyboard dan hijau untuk mouse.

Konektor USB

cara kerja keyboard konektor usb

Jenis konektor yang paling umum digunakan. Menggunakan port USB type A yang bisa dipakai pada berbagai perangat, misal komputer, laptop, atau smartphone.

Konektor Wireless

cara kerja keyboard konektor wireless

Seperti namanya, konektor wireless bekerja secara nirkabel. Biasanya menggunakan jaringan bluetooth melewati USB Dongle yang dipasangkan ke perangkat, atau menggunakan jaringan WiFi.

 

Keyboard Berdasarkan Jenis inputnya

Keyboard bekerja secara mekanisme untuk memasukan inputnya. Ada beberapa jenis input pada keyboard, diantaranya:

Keyboard Membrane

cara kerja keyboard membrane switch

Jenis keyboard yang paling sederhana, keyboard membrane menggunakan karet didalamnya.

Karet bertugas sebagai menginput data hasil dari sentuhan dengan PCB pada keyboard. Jenis keyboard ini relatif murah harganya, kisaran puluhan sampai ratusan ribu.

Keyboard Mechanical

cara kerja keyboard mechanical switch

Seperti namanya, proses penginputan pada keyboard ini dilakukan secara mekanik oleh switch. Kelebihan daripada membrane adalah ketahanannya yang dapat mencapai 50 juta klik.

Keyboard Laser

cara kerja keyboard laser switch

Prinsip kerja yang digunakan masih sama dengan mechanical, namun didalamnya menggunakan laser sebagai pendeteksi input.

Secara garis besar, keduanya memiliki sifat yang sama, yang membedakan adalah latency input yang dihasilkan. Laser lebih cepat mendeteksi input daripada mechanical yang mengandalkan sentuhan antar bagian di dalamnya.

Demikian akhir dari artikel, semoga mendapatkan jawaban seputar cara kerja keyboard.

Leave a Comment