Cara Install Driver XP-Pen

Advertisements

Teknozone.ID – Kali ini saya akan menunjukkan ke kalian cara menginstall drawing tablet yang bermerek XP-Pen dan tipe Star 03 V2, dan kita akan menginstalnya menggunakan software yang resmi.

pen tablet terbaik - xp pen star

Advertisements

Sebelum saya lanjut, saya ingin memberitahu kalian sedikit tentang XP-Pen Star 03 V2, Harga XP-PEN Star 03 v2 di pasaran mulai dari Rp. 500.000 sampai Rp. 1.500.000, spesifikasi yang ditawarkan juga cukup “oke” untuk harganya:

  • Ukuran aktif 260x170mm.
  • Sensitivitas mencapai 8192.
  • Terdapat 8 Hot Keys.
  • Dapat di ubah menjadi mode tangan kiri.
  • Menggunakan kabel data usb.

Cara Install Software & Driver XP-Pen

cara install xp-pen star 03 v2

Untuk kalian yang ingin menginstall drawing tablet ini, kalian harus memenuhi syarat atau spesifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan drawing tablet ini.

System Requirements:

  • Windows® 7 keatas (64-bit).
  • USB 2.0/3.0 port.

Begini cara install driver xp-pen di komputer:

  1. Buka halaman driver xp-pen.
  2. Pilih Driver yang sesuai OS kalian.
  3. Jika sudah, klik Download.
  4. Buka Drivernya.
  5. Klik Installation path jika kalian ingin mengubah lokasi install.
  6. Klik Install dan tunggu sampai proses selesai.
  7. Klik Complete.

Tips: Untuk kalian yang sering drawing tabletnya tidak terdeteksi pada saat di hubungi ke komputer, lakukan install ulang pada saat setiap komputer restart atau shutdown.

Matikan antivirus dan atau firewall saat melakukan instalasi, dan jangan lupa untuk menghapus software tablet yang sudah terinstall sebelumnya sebelum menginstall software Star 03.

Review Fitur XP-Pen Star 03 V2

Setelah membahas cara install xp-pen star 03 v2 diatas, saya akan memberitahu kalian tentang fitur – fitur drawing tablet ini untuk mempermudah pekerjaan kalian, untuk kalian yang baru beli saya yakin penjelasan ini akan sangat berguna.

Untuk menggunakan fitur ini, kalian harus membuka aplikasi yang bernama Pen Tablet dan aplikasi ini hanya muncul jika kalian sudah install drawing tablet kalian. Baca juga review seputar pen tablet terbaik versi kita.

Left-Handed

fitur xp pen - tangan kiri

Left-Handed atau bisa dibilang mengubah mode gambar menjadi tangan kiri, untuk kalian yang terbiasa menggunakan tangan kiri dalam memegang pulpen atau pensil kalian dapat menggunakan fitur ini dengan mudah hanya dengan mengklik 180°. Sekarang kalian dapat menggambar menggunakan tangan kiri.

Advertisements

Express Keys

fitur xp pen - express key

Express keys yaitu tombol tambahan untuk mempermudah kalian menggambar atau bisa di bilang shortcut, dalam 8 tombol ini kalian dapat mengatur tombol apa yang kalian inginkan di setiap tombol, misal tombol K1 di isi dengan tombol CTRL + Z.

Absolute Mode

fitur xp pen - absolute mode

Absolute mode sangatlah berguna untuk kalian yang menggambar dengan sketsa terlebih dahulu, fitur ini akan mengunci lokasi cursor pada saat kalian mengaktifkan sensor pen dan tablet, misalkan jika kursor kalian berada di pojok kanan dan kalian mengaktifkan sensor tablet di kiri, maka kursor akan berpindah ke pojok kiri secara instan.

Relative Mode

fitur xp pen - relative mode

Relative mode sebenarnya hanya kebalikannya dari relative mode, relative mode adalah fitur yang membiarkan kalian menggunakan pulpen layaknya mouse, jadi antara sensor mouse dengan pen kalian itu sama, misalnya kalian melakukan hal yang sama pada absolute mode, maka kursor akan mengikuti lokasi kursor dimana terakhir kali kursor tersebut dikendalikan oleh mouse.

Advertisements

Barrel Button Settings

fitur xp pen - barrel button settings

Barrel button setting bisa kalian lihat pada pen kalian, disitu terdapat dua tombol yang disebut barrel button, barrel button ini dapat kalian atur menjadi right click, middle click, pen/eraser, run the program dan function key. Dengan function key kalian dapat memilih tombol shortcut yang ingin kalian gunakan pada tools tertentu.

Click Sensitivity

fitur xp pen - click sensitivity

Click sensitivity akan membiarkan pengguna untuk mengatur sensitifitas dari tekanan yang dilakukan, jika titik tengah diarahkan ke pojok kanan maka garis yang dibuat akan menebal mulai dari lokasi titik tengah tersebut.

Advertisements

Current Screen

fitur xp pen - current screen

Current screen adalah pengaturan layar, jadi kalian dapat memilih untuk full screen (misal 2 monitor jadi satu) atau pilih salah satu monitor yang ingin digunakan saja. Dan dibawahnya ada pengaturan jarak deteksi, kalian dapat mengatur jarak kerja deteksi kalian di fitur itu untuk mempernyaman penggunaan kalian.

XP-PEN Star 03 yang versi ke 2 ini memiliki tekstur yang halus dan ukurannya yang lumayan besar, pada sebelah kiri tablet terdapat lampu, ketika lampu biru itu nyala berarti perangkat siap dipakai. Pada stylusnya terdapat 2 tombol, dan ujung stylus yang dapat di ganti. Tablet ini menyediakan 2 warna yaitu hitam dan putih.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊