Cara Edit PDF

Advertisements

Teknozone.ID – Bingung cari cara edit file PDF yang salah dibuat? bisa sih di-edit di Word, tapi bakal makan waktu lama dan berantakan lagi. Tenang, kita punya solusinya.

Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengedit PDF, dan salah satunya memang menconvertnya untuk diedit di Word, tapi kurang efisien.

Sisa 2 caranya, bisa kalian lihat di artikel di bawah ini, bisa menggunakan aplikasi bisa juga via online, tapi tetap aja kalian harus punya koneksi untuk mendapatkan aplikasinya.


Cara Edit File PDF

Untuk melakukan langkah ini, kalian membutuhkan aplikasi 3rd party yang bernama Adobe Acrobat, dapatkan filenya di sini.

Begini cara edit tulisan di PDF langsung:

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat.

  2. Tekan menu File > Open.

    edit file pdf - 1 buka file

  3. Pilih file PDF yang akan di-edit.

    Saat artikel ini dibuat, kalian akan diminta login dan membuat subscription.

  4. Di panel kanan, tekan Edit PDF.

    edit file pdf - 2 tekan edit

  5. Letakkan cursor di PDF, lalu Edit file.

  6. Simpan file setelah selesai.

Kalau kalian sering menggunakan PDF dalam urusan pekerjaan atau pendidikan kalian, tentunya cara ini akan membantu untuk menyelesaikan problem saat salah membuat PDF.

Berdasarkan informasi dari Adobe, ada beberapa versi yang bisa mengedit dan juga mengexport dokumen ke Microsoft Word, yaitu:

  • Acrobat XI Standard
  • Acrobat Standard DC
  • Acrobat XI Pro
  • Acrobat Pro DC

PDF adalah jenis file digital yang memudahkan kita untuk mengirim konten ke manapun dan tetap bisa dibaca terlepas dari software apa yang mereka gunakan.

Advertisements

Mungkin untuk beberapa keadaan kamu juga membutuhkan PDF dengan ukuran besar. Atau kamu juga bisa mengubah gambar jadi PDF.


Cara Edit PDF Online

cara edit pdf online

Advertisements

Sudah di-test dan memang work, kekurangannya hanya mungkin situs ini mendeteksi block yang ada pada PDF jadi kadang menghapus gambar juga menghapus warna backgroundnya.

Seperti ini cara edit file PDF online:

  1. Buka situs PDF editor.
    Ada banyak, contohnya Sejda & SmallPDF.
  2. Upload PDF ke server situs.
  3. Tunggu dokumen muncul.
  4. Edit dokumen kalian secara online.
  5. Simpan dokumen.

Bingung situs apa yang harus dipilih? kita pribadi merekomendasikan situs Sejda untuk mengedit PDF kalian. Untuk meng-undo kalian bisa menggunakan shortcut Ctrl + Z di keyboard, atau tekan tools More > Undo.

Advertisements

Tenang, meskipun kamu menggunakan bantuan situs online, kamu tetap bisa mencetak PDF secara normal, jadi jika PDF kamu tidak bisa dicetak, masalahnya bukan dari sini.


Cara Edit PDF ke Word

cara edit pdf ke word

Agar hasilnya lebih sempurna, sangat disarankan untuk menggunakan bantuan Adobe Acrobat untuk mengexport filenya sebelum dibuka dengan Word.

Kurang lebih, begini cara edit file pdf ke Word:

Advertisements

  1. Buka aplikasi Adobe Acrobat.
  2. Tekan menu File > Open.
  3. Cari file yang akan di-edit.
  4. Tekan menu File lagi.
  5. Pilih Convert to Word, Excel or PowerPoint.
    edit pdf ke word
  6. Tekan Export to Word.
  7. Tunggu prosesnya.

Ada banyak opsi yang bisa kalian lakukan untuk mengubah PDF ke Word, seperti cara pertama tadi, di Panel kanan juga ada tombol Export yang bisa kalian gunakan.

Tapi ingat ya, tidak disarankan untuk membuka file PDF langsung di Word, karena susunannya tentu akan rusak. Menurut kalian, mana yang lebih efisien?

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊