Cara Install Font di Windows 10

 

Teknozone.ID – Ada berbagai cara install font / huruf di Windows, baik itu Win10, Win8 atau Win7 sekalipun. Hanya saja, setelah diinstall kita suka bingung bagaimana cara menggunakannya?

Di artikel ini, kita akan mengulas bagaimana cara install font di sistem operasi Windows dan cara menggunakan / menerapkannya ke tampilan PC. Tentunya sesuai urutan, mulai dari download, install dan menerapkan font-nya


Cara Download & Install Font di Windows 10

cara install font pada pc

Untuk menginstal file font, klik kanan pada file font tersebut, lalu pilih Install. Atau bisa juga dengan klik dua kali font untuk membuka, lalu klik tombol Install. Font akan muncul di jendela Fonts dan di aplikasi lain di sistem.

Versi mudahnya, lihat step di bawah ini:

  1. Download font dari Google Fonts, atau situs web font lain.
  2. Buka zip font dengan mengklik dua kali pada file.
  3. Buka folder font yang kalian download.
  4. Klik kanan pada setiap file font dan pilih Install.
  5. Selesai, font sudah terinstall di komputer.

Namun bagaimana jika font yang kita install itu berjumlah puluhan, atau bahkan ratusan? bukankah menunggu font terinstall itu bakal memakan waktu yang sangat lama?

Tenang, ada cara lain yang sama mudahnya dengan cara diatas, namun cara ini lebih baik jika untuk jumlah font yang banyak. Begini caranya:

cara install font lewat folder
  1. Untuk melakukannya, pertama-tama, masuk ke dalam folder sistem windows, lokasinya yaitu (C:\Windows\Fonts), langsung klik enter untuk masuk.
  2. Nah, disitulah letak semua font yang sudah terinstall, kamu tinggal masukkan saja file font yang ingin diinstall dengan cara copy paste.

Setelah selesai dipindah, font yang tadi diinstall sudah bisa digunakan di windows dan di semua aplikasi, tanpa perlu diinstall, mudah bukan?

Bagaimana dengan file font lainnya?

Windows juga memungkinkan penggunanya untuk menginstal file font dalam format TrueType (.ttf), OpenType (.otf), TrueType Collection (.ttc), atau PostScript Type 1 (.pfb + .pfm). Namun, kita harus menginstalnya lewat File Explorer juga.

Cara serupa bisa kalian lakukan dengan file font lain. di Windows, ekstensi font adalah TTF atau truetype font, jangan lupa juga perhatikan lisensi jika mendownload dari situs font lain.

Ingat juga bahwa font ini akan memakan ruang pada storage, jadi jangan menginstal font ini kecuali benar-benar dibutuhkan.

Menghapus font dari sistem, boleh kah?

Windows biasanya hanya menginstal font untuk bahasa yang digunakan User. Misal, Windows versi bahasa Inggris, Windows akan menginstal font yang dibutuhkan untuk set karakter Latin dan bukan font yang digunakan untuk set karakter lainnya.

Tidak disarankan untuk menguninstall font karena bisa saja Windows mengalami error. Kecuali kalian memang tidak akan menggunakannya lagi. Karena ada banyak aplikasi dan tampilan di Windows yang membutuhkan font bawaan tertentu.

Mengelola Font Eksternal di Windows 10

install font pada windows 10

Pengguna dapat menginstall dan mengelola Font melalui pengaturan baru, yiatu Settings App. Kalian juga bisa mendownload font dari Store (Microsoft). Tetapi, pengaturan lama untuk font masih ada di Control Panel.

Untuk mengatur pemasangan font di Windows 10, buka SettingsPersonalizationFonts. Versi cepatnya, kalian bisa mencari font settings di Start Menu. Ingat, ketika kalian mendownload font dari situs, cek 2x lisensi yang digunakan agar tidak terjadi yang tidak diinginkan.

Untuk artikel seputar Windows & tipografi lainnya, cek juga:

fast
close

Leave a Comment