8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar – Android

loading..

Keberadaan dari aplikasi perekam layar Android ini sangat memudahkan pengguna ketika ingin merekam gambar maupun video.

Hasil rekamannya sudah berkualitas HD dengan suara yang bagus. Aplikasi ini memberikan kemudahan ketika ingin melakukan capture di momen-momen penting tertentu.

Di zaman yang serba canggih ini pastinya pengguna smartphone ingin melakukan segala hal apapun dengan mudah melalui ponsel yang dimilikinya.

Selain dapat merekam atau memotret layar, pengguna juga dapat melakukan pengeditan pada video atau foto menggunakan berbagai macam format.

Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Sebenarnya melakukan screenshot atau capture pada layar HP bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi. Namun sayangnya jika menggunakan cara default pada smartphone, fitur editnya tidak selengkap ketika kita menggunakan aplikasi.

Selain itu screenshot hanya dapat dilakukan pada sebuah gambar dan tidak dapat digunakan untuk merekam layar berupa video. berikut ini beberapa daftar aplikasi untuk merekam layar paling direkomendasikan yaitu:

1. Mobizen

mobizen

Pada tahun 2016 yang lalu aplikasi Mobizen ini memperoleh penghargaan dari Google. Hal ini sudah menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi perihal kecanggihannya dalam merekam layar HP Android.

Kualitas yang ditawarkan sangat baik, karena bisa merekam video full HD 1080 P dengan 60fps dan bit rate 12 mbps. Dengan kualitas video tersebut maka sangat menarik untuk dilihat.

Kelebihan:

  • Tersedia fitur facecam.
  • Dilengkapi dengan opsi perekaman video menggunakan berbagai kualitas.
  • Sudah didukung dengan adanya fitur editing pada hasil rekaman.

2. Screen Recorder

screen recorder

Aplikasi ini bisa diperoleh melalui Google Playstore dan bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil dari perekaman layar di Android.

Dengan berbagai pilihan fitur dan opsi yang ada pada aplikasi Screen Recorder ini maka sangat membantu pekerjaan penggunanya.

Khususnya dalam hal melakukan perekaman video tutorial bermain game maupun livestreaming. Aplikasi ini dapat digunakan pada seluruh perangkat smartphone tanpa melakukan root terlebih dahulu.

Sementara ukuran aplikasinya pun sangat ringan yaitu hanya sekitaran 5 MB saja. Kelebihan:

  • Sudah menggunakan gestures shake ketika ingin memulai maupun mengakhiri perekaman.
  • Tersedia berbagai pilihan kualitas video dan beberapa pilihan mode aplikasi.

3. Az Screen Recorder

az screen recorder

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai video walkthrough game yang sering kali dimainkan pada ponsel Android. Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana, namun mempunyai berbagai kustomisasi yang wajib dicoba.

Pengguna tidak perlu melakukan akses root ketika ingin menggunakannya. Sementara aplikasi ini mampu berjalan menggunakan sistem operasi paling tidak Android 5.0 Lollipop atau diatasnya.

Jika ingin mendownload aplikasi ini maka sisihkan ruang sebesar 17,4 MB. Memang ukurannya tergolong cukup berat dan memberikan beban pada Ram smartphone. Namun untuk hasil yang ditawarkan tidak akan mengecewakan.

4. Google Play games

google play games

Ternyata aplikasi Google Play Game juga termasuk sebagai aplikasi perekam layar Android terbaik, khususnya ketika ingin membuat tutorial video bermain game.

Aplikasi ini merupakan bawaan dari sistem operasi smartphone Android yang mampu mengakomodasi kebutuhan penggunanya..

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah untuk melakukan perekaman layar. Namun aplikasi ini hanya memberikan rekaman dengan resolusi 480P dan juga 720p.

Sebaiknya jika ingin menggunakan aplikasi ini pastikan bahwa Android yang Anda gunakan minimal 4.0 Ice Cream Sandwich atau di lebih di atasnya.

Kelebihan:

  • Dapat didukung secara langsung oleh pihak Google itu sendiri.
  • Mempunyai kapasitas yang ringan dan sistem operasinya yang sangat mudah.
  • Sudah di integrasi dengan beberapa pilihan judul games.

5. Screen Recorder by NLL

screen recorder nll

Aplikasi Screen Recorder juga masuk sebagai aplikasi perekam layar HP yang berhasil dikembangkan oleh NLL. Selain dapat ditemukan dengan mudah, yaitu melalui Google Play Store ternyata aplikasi Screen recorder ini bisa dimanfaatkan secara gratis.

Sebelum menggunakannya, Anda harus mengetahui bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat lancar jika menggunakan Android paling tidak 5.0 Lollipop atau lebih di atasnya. Namun tenang saja, pengguna Android dibawahnya masih tetap dapat menggunakan aplikasi ini.

Namun sayangnya harus melakukan akses root dulu. Untuk aplikasi ini tergolong sangat ringan yaitu mempunyai kapasitas sebesar 4,5 Mb.

Kelebihan:

  • Mempunyai material yang sangat menarik.
  • Mudah digunakan dengan kapasitas yang ringan.
  • Jika ingin memulai maupun berhenti merekam maka cukup dengan menggunakan gestur goyang saja.

6. Super Screen Recorder

super screen recorder

Fitur yang tersedia pada aplikasi Super Screen Recorder ini sangatlah banyak dan berbeda dengan beberapa aplikasi yang ada di atas.

Advertisement

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu salah satunya bisa melakukan perekaman layar tanpa adanya batasan waktu.

Aplikasi ini sangat cocok bagi diri seseorang yang menyukai animasi gif. Tersedia pula opsi berupa penambahan Watermark agar video yang Anda miliki tersebut tidak diambil oleh orang lain.

Sistem operasi yang bisa menggunakan super Screen Recorder ini yaitu paling tidak 5,0 atau diatasnya.

Kelebihan:

  • Adanya penambahan fitur facecam.
  • Bisa melakukan pembuatan animasi gif secara langsung.
  • Tersedia opsi perekaman video yang menawarkan berbagai pilihan kualitas.

7. Game Screen Recorder

game screen recorder

Sesuai dengan namanya bahwa aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi diri seseorang yang suka merekam layar ketika sedang bermain game.

Seperti pubg mobile, mobile Legends maupun yang lainnya. Aplikasi ini sangat cocok karena mempunyai berbagai fitur yang sangat menarik.

Game Screen Recorder ini mampu mendeteksi game apa saja yang sudah terinstal pada smartphone. Tidak hanya itu saja, pengguna juga tidak harus melakukan root ketika hendak menggunakannya.

Sistem Android yang mampu mendukung aplikasi ini yaitu 5.0 Lollipop atau lebih di atasnya.

Advertisement

Ukurannya tergolong sangat ringan yaitu 4.9 MB saja. Untuk soal kualitas hasilnya jangan ditanya lagi. Aplikasi game screen recorder ini memberikan jaminan kualitas rekaman layar yang memuaskan.

Kelebihan:

  • Tersedia fitur play atau pause di bagian perangkat tertentu.
  • Tersedia editor untuk melakukan pembukaan video.
  • Adanya fitur pendeteksi game secara otomatis.
  • Aplikasi yang ringan tidak membuat RAM penuh

8. Background Video Recorder

background video recorder

Untuk aplikasi perekam layar Android selanjutnya yaitu Background Video Recorder. Tersedia opsi jika pengguna ingin mematikan maupun mengaktifkan suara kamera.

Aplikasi ini sangat membantu penggunanya ketika melakukan perekaman video maupun pengambilan gambar pada latar belakang.

Tersedia pula berbagai pilihan fitur yang berguna ketika ingin melanjutkan perekaman ketika layar mati maupun tersedia jadwal untuk merekam.

Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga tergolong ringan yaitu hanya berkapasitas 54 MB.

Kelebihan:

  • Sangat mulus, sangat sederhana dan mudah digunakan.
  • Tersedia berbagai pilihan bahasa yang bisa dipilih oleh para penggunanya.
  • Terdapat perekaman terjadwal dan perekaman rahasia.

Dari sekian banyaknya aplikasi yang ada di atas, maka Anda bisa menentukan sendiri aplikasi mana saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya gunakan aplikasi perekam layar Android yang paling efektif dan bijak sehingga tidak merugikan pihak manapun.

Leave a Comment