Aplikasi Pemutar Musik

loading..

Teknozone.ID –  Teruntuk kalian yang bosan dengan memutar lagu menggunakan youtube, artikel ini mungkin cocok untuk kalian karena ternyata masih banyak loh aplikasi musik player yang dapat kalian gunakan secara gratis.

Dalam artikel ini saya akan menyarankan beberapa aplikasi musik terbaik online maupun offline, mari simak artikelnya.

1. MusicBee

pemutar musik terbaik - musicbee

MusicBee adalah salah satu music player gratis yang dibuat dengan beragam fitur yang yang kalian butuhkan untuk mengatur dan menikmati playlist kalian, berdasarkan laporannya MusicBee menyediakan 5.000.000 lagu.

MusicBee dibuat untuk memaksimalkan layanan pc kalian, termasuk kartu suara top-end dan pengaturan surround-sound, dengan campuran suara stereo. Kalian dapat mengatur pemudaran suara pada saat berganti lagu, mengatur volume, dan equalizer.

MusicBee dapat memutar hampir semua format audio di sekitar dan konvers file, dengan preset untuk perangkat playlist yang berbeda.

2. Winamp

pemutar musik terbaik - winamp

Teruntuk kalian yang sudah lama dalam hal memutar musik pasti kalian tidak asing dengan aplikasi yang satu ini, Winamp adalah aplikasi musik player yang sangat populer dari jaman 2000an sampai sekarang. Sayangnya kebanyakan dari kita sudah menggunakan musik player lain.

Winamp ini dapat diunduh secara gratis, walaupun gratis fitur-fitur dalam winamp tidaklah sedikit, dalam Winamp ada fitur Online Service, Playlist Editor, Equalizer, Winamp Video, Visualization dan Custom Skin yang dapat kalian pilih.

3. AIMP

pemutar musik terbaik - aimp

AIMP membuat pembagian lagu menjadi sangat mudah, bahkan jika koleksi kalian saat ini random (acak) dan tersebar dalam berbagai format dan lokasi, atau dengan metadata yang tidak lengkap.

Daftar lagu AIMP kalian dapat dibuat menggunakan file dari banyak direktori dan dari CD, dengan pengurutan track lagu otomatis dan pengisian tag untuk membantu kalian memilih album, artis, dll.

AIMP mendukung banyak format, dan enkoder tambahannya tersedia sebagai add-on yang dibuat pengguna. Sebagian besar ekstensi musik player adalah visualisasi skin tambahan. Kalian juga dapat menambahkan playlist dari SoundCloud atau YouTube.

AIMP juga mempunyai beberapa fitur bawaan yang tidak biasa, seperti jam alarm, sound fading pada saat lagu berganti dan menghilangkan suara pada lagu untuk membuat playlist untuk karaoke.

4. Windows Media Player

pemutar musik terbaik - windows media player

Windows Media Player atau WMP adalah aplikasi pemutar musik bawaan dari Windows. Walaupun fiturnya tidak banyak, aplikasi ini tidak memakan RAM yang begitu banyak karena tampilannya yang simpel.

WMP dapat mengurutkan track list berdasarkan nama, album atau artis secara otomatis. WMP juga menampilkan visualizer dan foto agar tampilan tidak terlihat sepi.

Salah satu kekurangan WMP adalah aplikasinya tidak muncul saat di ALT+TAB dan terpaksa harus mengklik iconnya dari taskbar, di WMP kalian juga bisa memutar media berupa video dan foto.

5. VLC Media Player

pemutar musik terbaik - vlc media player

VLC adalah aplikasi untuk mendengarkan musik yang memiliki banyak fitur, selain musik aplikasi ini dapat memutar slideshow foto, memutar video

Aplikasi ini juga mempunyai batas maksimal volume sampai 200%. Dengan adanya fitur Show List, kalian dapat memilih folder atau lokasi media yang ingin ditampilkan dalam bentuk Library dengan sangat mudah.

Kalian juga dapat mengatur kecepatan munculnya subtitle dan mengatur efek suara seperti Equalizer, Compressor, Spatializer dan Stereo Widener untuk hasil suara yang lebih nyaman.

6. MediaMonkey

pemutar musik terbaik - mediamonkey

Tidak seperti media player lainnya, MediaMonkey dapat memainkan media sekaligus mengatur musik dan video. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi track / playlist untuk mencari metadata yang hilang secara online seperti MusicBee. Alat penandaannya memungkinkan kalian mengatur file menggunakan format standar industri musik.

MediaMonkey mengatur playlist kalian dengan rapi, file Monitor-nya juga memastikan playlist agar selalu update jika kalian menambah, menghapus, dan mengedit file. Tetapi, jika kalian ingin mengontrolnya secara penuh, kalian memerlukan plugin pihak ketiga.

Advertisement

Aplikasi versi gold (berbayar) memiliki fitur party mode, fitur ini mengunci interface untuk mencegah orang lain mengotak-atik playlist .

7. GOM Audio

pemutar musik terbaik - gom audio

GOM Audio merupakan musik player yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini dapat mengatur suara sedemikian rupa agar kualitasnya jernih, GOM memiliki beberapa fitur tambahan seperti kecepatan suara, equalizer, adjustment, dan fitur lainnya.

Hal yang unik dari GOM Audio adalah ia memiliki fitur spesial, yaitu sync. Sync berfungsi untuk menampilkan lirik lagu yang kita putar, bahkan kalian dapat mengedit lirik atau menambahkan lirik sendiri.

8. foobar2000

pemutar musik terbaik - foobar2000

Fitur pengkategorian foobar2000 membuat pekerjaan untuk membersihkan playlist yang berantakan lebih cepat, dengan fitur termasuk pemrosesan batch, pengisian metadata otomatis, pengurutan playlist, dan copy-paste data.

foobar2000 akan mencari metadata untuk playlist saat kalian menyalin CD audio, foobar juga dapat mengidentifikasi dan menghapus lagu yang sama. Playlist foobar2000 tidak update secara real time atau otomatis, tetapi ia dapat mendeteksi perubahan dan menghapus file yang mati.

foobar2000 mendukung semua format audio yang umum, kalian juga bisa membuat profil sendiri untuk mengatur berbagai macam preset dan opsi. Jika ada file yang rusak, codec bawaaan dari foobar2000 dapat mendetect sebagai plugin yang dibuat oleh pengguna dan dapat di install melalui Preferensi.

Advertisement

Secara keseluruhan, foobar2000 bisa dijadikan opsi aplikasi pemutar musik yang ringan dan mudah untuk mengatur playlist.

9. Spotify

pemutar musik terbaik - spotify

Spotify mempunyai fitur online dan offline, kalian dapat mendownload atau menambahkan lagu ke dalam aplikasi ini secara mudah. Spotify juga menyediakan musik berbayar yang dibuat oleh musisi-musisi terkenal, contohnya Ed Sheeran.

Kalian juga dapat membuat playlist sendiri dengan pengurutan lagu yang sudah diatur, mulai dari nama, artis dan album. Spotify juga menyediakan fitur akun premium dimana kalian dapat mendukung musisi-musisi ternama dalam aplikasi tersebut dengan cara membeli lagunya.

10. JOOX

pemutar musik terbaik - joox

JOOX adalah music player yang memiliki fitur yang lumayan banyak, dalam aplikasi ini kalian dapat melakukan hal yang sama seperti Spotify yaitu mengunduh atau menambahkan musik sendiri.

JOOX juga menyediakan akun VIP dimana kalian dapat mendengarkan musik favorit kalian secara gratis, kalian dapat membayar akun vip secara bulanan, tahunan dan harian.

JOOX juga menyediakan fitur analitik musik dimana kalian dapat mengetahui lagu apa yang sedang trending. Selain musik, JOOX juga menyediakan radio, kalian juga tidak bisa mendownload musik dari aplikasi, tetapi kalian dapat mendengarkannya langsung melalui aplikasi atau website JOOX.

Leave a Comment