7 Rekomendasi Aplikasi Pembaca PDF – Android

loading..

Baik pada ranah pekerjaan maupun pendidikan, pastinya Anda pernah mendengar istilah PDF, bahkan mungkin Anda pernah memakai salah satu aplikasi pembaca PDF Android bukan?.

Seperti yang kita tahu, kalau PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format. Jadi PDF adalah sebuah file yang berbentuk dokumen. Biasanya file ini berisi teks, gambar dan lain sebagainya.

File PDF ini biasa Anda temukan dalam bentuk surat lamaran kerja, ebook, hasil scan dokumen fisik dan lain sebagainya.

Apabila belum, dan penasaran dengan aplikasinya, silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Aplikasi Pembaca PDF Android

Di bawah ini merupakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca format PDF pada perangkat Android, diantaranya:

1. Adobe Acrobat Reader

adobe acrobat reader

Aplikasi pertama yang saya sarankan untuk membuka file PDF adalah Adobe Acrobat Reader. Aplikasi buatan Adobe ini menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan Anda dalam membaca dokumen PDF. 

Dengan aplikasi ini, tidak hanya mengakses dan membaca file PDF, namun juga langsung dapat mengakses file PDF melalui WEB dan Email. Bahkan Anda langsung bisa membagikannya dengan mudah memakai fitur share yang disediakan oleh aplikasi ini.

Untuk membaca PDF, aplikasi ini menawarkan 3 metode yaitu Single Page, Continuous scroll, dan Reading Mode. Tidak hanya itu saja, fitur comment juga disediakan oleh aplikasi Adobe Acrobat Reader. Sehingga Anda bisa mencoret serta memberikan tanda hal-hal penting langsung pada file PDF tersebut.

2. WPS Office

wps office

Aplikasi kedua yang saya rekomendasikan untuk membaca file PDF pada perangkat Android adalah WPS Office. Tidak hanya format PDF saja yang bisa dibaca dengan aplikasi ini, namun file lain seperti slide, spreadsheet dan berbagai jenis alat manajemen lainnya yang memiliki fungsionalita tinggi juga bisa.

Dengan menggunakan aplikasi ini, penggunanya tidak hanya bisa membaca namun juga bisa menambahkan tanda tangan, anotasi dan bahkan mengkonversikan file PDF menjadi DOC.

Tidak hanya itu, untuk kalian mau mengirim berbagai macam file dokumen dalam jumlah banyak ke satu orang, aplikasi ini juga menyediakan fiturnya. Dimana fitur ini berfungsi sebagai penggabungan dari beberapa file pDF menjadi satu file.

3. Xodo

xodo pdf

Xodo merupakan salah satu aplikasi pembaca file PDF yang bisa digunakan dengan mudah dan pastinya gratis. Aplikasi ini mengklaim kalau memiliki kinerja bagus dan bisa bekerja secara cepat dalam mengakses dan membaca file PDF di perangkat Android.

Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengedit dan mencoret-coret seperti buku di dalam PDF. Bahkan dengan memakai aplikasi Xodo, penggunanya langsung bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis ke dalam aplikasi Dropbox, Onedrive dan juga Google Drive.

4. Foxit

foxit pdf

Aplikasi pembaca PDF Android berikut adalah bernama Foxit. Meskipun menyediakan layanan gratis, aplikasi ini tetap mendukung dengan hadirnya fitur keren yang memudahkan penggunaannya dalam memakai aplikasi Foxit.

Advertisement

Selain mengakses dan membaca file pdf. Dengan aplikasi ini penggunaannya juga dapat mengedit PDF secara langsung di layar ponsel Android. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan move, copy, rename dan delete file PDF.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memutar file berformat Audio maupun video. Bahkan kalau ada seseorang yang jahil melakukan edit pada file PDF Anda, aplikasi ini akan melakukan tracking untuk melihat siapa orangnya. Sudah lengkap fiturnya, aman lagi.

5. Google PDF Viewer

google pdf viewer

Aplikasi selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk membaca file PDF di perangkat Android adalah Google PDF Viewer. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain nya, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam mengakses dan membaca file PDF.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Google PDF Viewer juga sudah terintegrasi dengan Google Drive. Aplikasi ini juga menampilkan beberapa fitur penting dan memudahkan penggunaannya yakni fitur copy dan print.

Advertisement

6. Google Play Books

google play books

Kalau Anda mencari aplikasi pembaca file PDF yang praktis dan gampang maka jawabannya ada di aplikasi Google Play Books. Meskipun aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi pembaca buku, namun juga dapat digunakan untuk membaca file PDF, bahkan masuk ke dalam kategori aplikasi PDF Reader.

Selain untuk membaca buku dan file PDF, aplikasi Google Play Books juga menyediakan format yang mendukung dengan dokumen EPUB. Sangat menarik bukan untuk digunakan.

7. OfficeSuite + PDF Editor

officesuite

Aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan untuk mengakses dan membaca file PDF di perangkat Android adalah OfficeSuite + PDF Editor. 

Sebagai aplikasi office, OfficeSuite + PDF Editor tidak hanya bisa untuk membuka dan membaca file berformat PDF saja. Namun penggunaannya juga dapat memberikan komentar dan catatan-catatan pada file PDF tersebut yang sedang dibuka oleh penggunaannya dengan menggunakan aplikasi ini.

Dengan hadirnya aplikasi pembaca PDF Android seharusnya Anda tidak perlu pusing lagi kalau hanya sekedar mengakses dan membuka file atau dokumen dalam bentuk PDF. Anda bisa memilih diantara aplikasi diatas yang sudah saya rekomendasikan.

Leave a Comment