9 Rekomendasi Aplikasi Office – Android

loading..

Aplikasi office Android saat ini memang sangat dibutuhkan, pasalnya sangat berguna untuk membantu dalam pekerjaan. Penasaran dengan aplikasi-aplikasinya? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Rasanya hampir semua orang membutuhkan office baik untuk seorang pekerja kantoran, mahasiswa, anak sekolah dan lain sebagainya.

Karena kebutuhan yang semakin meningkat, sekarang office tidak bisa di akses lewat PC atau laptop saja, melainkan bisa melalui perangkat smartphone.

Aplikasi Office Android

Berikut dibawah ini merupakan beberapa aplikasi Office yang bisa digunakan pada perangkat Android baik secara offline maupun online, diantaranya:

1. WPS Office

wps office

Sebenarnya WPS Office merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk pengguna iPhone. Namun sekarang sudah tersedia untuk perangkat Android. Sebelum berubah nama menjadi WPS Office, aplikasi ini bernama Kingsoft Office. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, penggunaannya dapat mengakses dokumen dari berbagai macam sumber lokal dan membuka file yang tersimpan pada storage pengguna.

WPSC Office mampu membaca berbagai macam format seperti Word, Excel, Txt, dan PowerPoint. Selain itu, aplikasi ini bisa mengakses dan membaca file berformat PDF.

WPS Office juga memungkinkan penggunanya melakukan convert ke file berformat apapun seperti doc, excel powerpoint, word, dan text.

Dari segi keamanan, aplikasi ini membekali password bagi file-file tertentu yang ingin diamankan oleh penggunannya.

2. Polaris Office

polaris office

Aplikasi Office untuk perangkat Android selanjutnya adalah bernama Polaris Office. Aplikasi yang memiliki rating 3.9/5 dan sudah di unduh lebih dari 50 juta kali ini memiliki tampilan user-friendly, sehingga membuat nyaman dipakai oleh penggunanya.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur menarik yang bisa dinikmati oleh pengguna nya seperti mengakses, mengedit dan menyimpan semua tipe dokumen seperti PowerPoint, Excel, Word, Sled, Docs, hingga Spreadsheet.

Bagusnya lagi, Polaris Office capable untuk semua format file seperti PDF, XLS/XLSX, DOC/DOCX, TEXT, PPT/PPTX dan HWP. 

Untuk space penyimpanannya, Anda tidak perlu khawatir pasalnya aplikasi ini menyediakan cloud drive sendiri bernama Polaris Drive.

Meski begitu, Anda masih bisa juga memiliki untuk memakai drive lain. Aplikasi ini ringan sekali, hanya 50 MB saja. Jadi tidak memakan banyak space di ruang penyimpanan ponsel Anda.

3. OfficeSuite

officesuite

Kalau sebelumnya Microsoft merilis tiga aplikasi Office untuk Android untuk keperluan yang berbeda, maka lain lain halnya dengan aplikasi OfficeSuite. Aplikasi ini menawarkan untuk kebutuhan seperti Word, Excel, PowerPoint, dan PDF. 

Yang pasti aplikasi in mampu mengakses semua jenis file dari luar format basic file Microsoft. OfficeSuite juga mampu untuk membaca berbagai jenis format file seperti ZIP, TXT, RTF, PPSM, PPT, PPTX, PPS, PPSX, PPTM, XLS, XLSX, XLSM, DOC, DOCX, dan DOCM.

Aplikasi yang memiliki ukuran 53 MB, rating 4,2 dan sudah lebih dari 100 juta unduhan ini telah tersinkronisasi dengan baik. Sehingga bisa untuk membuka data atau file dalam waktu yang singkat.

OfficeSuite sendiri dibagi menjadi dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk penggunaan sehari-sehari rasanya versi gratis sudah sangat cukup, pasalnya telah mempunyai semua fitur yang sebelumnya sudah disebutkan.

4. Microsoft Word, Excel, PowerPoint

microsoft word

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Office yang satu ini. Setelah sukses pada versi PC, pada tahun 2015 Microsoft kembali merilis aplikasi tersebut namun dalam bentuk versi Android.

Begitu resmi diluncurkan, ketiga aplikasi Office tersebut langsung diburu. Bahkan sampai saat ini sudah lebih 10 juta di install dan telah mendapat rating bagus.

Aplikasi yang hanya berukuran 54-57 MB selain gratis di gunakan, juga bebas iklan sehingga membuat penggunaannya menyukai dan yang pasti lebih fleksibel dalam pemakaian.

Meskipun hadir dalam versi perangkat Android, namun Anda tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan dengan yang versi PC. 

5. Google Drive

google drive

Aplikasi Office Android terbaik selanjutnya yang saya rekomendasi-kan adalah Google Drive. Rasanya hampir semua tahu dengan aplikasi ini.

Pasalnya Google Drive selain bisa untuk menulis juga dapat digunakan untuk mengedit atau membaca data baik secara offline maupun online. 

Namun tugas utamanya dari aplikasi ini adalah untuk menyimpan sebuah data atau file. Bahkan kapasitas versi gratisnya sebesar 15 GB, jadi Anda bisa dengan bebas mau menyimpan data apapun. Nantinya, kamu akan terhubung ke produk Office Google lain untuk mengedit dokumen.

Google Drive pada Android telah memberikan akses untuk semua file dari PowerPoint, Excel hingga Word yang tersimpan di dalamnya.

Advertisement

Memang hadirnya aplikasi ini untuk bertujuan mempermudah akses data di smartphone baik sistem operasi Android maupun OS ciptaan Google.

6. Quip

quip

Quip merupakan salah satu aplikasi Office yang diperuntukan untuk perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses sebuah file atau data MS Office.

Quipe akan membantu Anda dalam mengedit file tersebut.

Selain gampang untuk pengeditan, aplikasi ini juga membekali dengan fitur chat and messaging sehingga penggunanya dapat berkomunikasi dengan rekan kerja, terutama dalam membahas file yang sedang di edit. 

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan ketika memakai Quip adalah Export dan import. Sehingga memudahkan Anda dalam merubah format menjadi PDF atau Microsoft Office.

7. SmartOffice

smartoffice

Aplikasi Office selanjutnya yang mampu untuk mengakses sekaligus mengedit file berformat Microsoft Office adalah SmartOffice.

Aplikasi ini sebenarnya sama seperti aplikasi sebelumnya, dimana juga memberikan penawaran berupa kemudahan dalam melakukan editing dan mengakses file.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda juga bisa merubah format file yang sebelumnya berformat Microsoft Office menjadi PDF.

Advertisement

Bahkan dengan SmartOffice Anda juga bisa menyimpan file secara aman di Google Drive, Box, DropBox dan lain sebagainya.

8. OffiStar

offistar

Red Cool Media SL adalah salah satu developer yang berhasil menciptakan sebuah aplikasi Office terbaik untuk perangkat Android, yakni OffiStar.

Meskipun memberikan layanan gratis, namun aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membaca serta mengedit berbagai macam dokumen baik yang berformat Word, Excel, hingga PowerPoint.

Bahkan Microsoft Office 2007 bisa dibaca dan diedit oleh aplikasi ini. Bahkan Anda juga bisa langsung melakukan pengeditan terhadap dokumen office yang didalamnya terdapat Email.

Tidak hanya itu, aplikasi OffiStar juga bisa membaca teks berformat PDF.

9. AndrOpen Office

andropen

Aplikasi Office terbaik yang saya rekomendasikan untuk digunakan pada perangkat Android adalah AndrOpen Office. Meskipun gratis, namun aplikasi mampu untuk mengedit berbagai macam file dokumen seperti Excel, Word hingga PowerPoint.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa untuk mengakses dan mengedit file dokumen dengan format DOC, POT, PPT, XLT, XLS, RTF dan DOT.

Bahkan aplikasi AndrOpen Office juga memiliki kemampuan untuk membaca dokumen berupa equation editor, worksheet, spreadsheet, presentation graphics dan bisa juga digunakan untuk drawing. 

Kurang lebih seperti itu mengenai beberapa rekomendasi aplikasi office Android. Jadi mau memilih aplikasi office yang mana untuk keperluan tugas-tugas, pekerjaan atau yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? 

Leave a Comment