9 Rekomendasi Aplikasi Kalibrasi Layar – Android

Advertisement

Apakah kamu memiliki smartphone android versi lama yang butuh untuk di kalibrasi ulang? mungkin beberapa aplikasi kalibrasi layar ini bisa memperbaiki respon dan membuat performa layar lebih cepat.

Sensor akselerometer dapat berhenti bekerja karena berbagai alasan seperti perangkat jatuh, guncangan berat, air dan konfigurasi yang buruk.

Berikut daftar aplikasi kalibrasi layar yang paling banyak digunakan di PlayStore versi AISec.

1. Touchscreen Calibration

touchscreen calibration

Apakah kamu merasa respon touchscreen sudah mulai melambat, atau tiba-tiba gerakannya tidak jelas saat menyentuh layar? gunakan aplikasi Touchscreen calibration dari RedPi Apps ini untuk membantu kamu memperbaiki kalibrasi layar.

Mudah digunakan dan proses kalibrasi yang cepat, kamu bisa mengetahui apa yang terjadi selama proses berlangsung karena prosesnya transparan. Aplikasi ini bisa bekerja pada HP yang sudah maupun tidak di root. Download aplikasinya di PlayStore sekarang

2. Accelerometer Calibration Free

accelerometer calibration

Aplikasi yang mudah untuk digunakan, cukup gerakkan titik merah pada layar ke kotak hijau dan lanjut untuk melakukan proses kalibrasi.

Di sini, kamu juga bisa menggunakan fitur AutoCalibrate untuk memudahkanmu mengetahui kapan accelerometer membutuhkan kalibrasi lagi.

Dikarenakan performa dari accelerometer di smartphone terus menurun semakin lama digunakan, jadi sangatlah penting untuk mengatur kalibrasinya sesekali waktu. Dapatkan aplikasinya langsung di PlayStore.

Advertisement

3. Touchscreen Repair

touchscreen repair

Masih dari RedPi Apps. Jika kamu mengalami lag beberapa kali saat menyentuh layar, atau touchscreen tidak respon apapun, sudah waktunya untuk menganalisa response time pada layar dan menguranginya, agar tampilan lebih smooth saat digunakan.

Aplikasi ini membantumu memperbaiki touchscreen dan meningkatkan kualitas responsive dari layar. Membuat pengguna lebih mudah untuk menggunakan keyboard, aplikasinya ringan tanpa ada fitur yang mengganggu penggunaan.

Proses kalibrasi memakan waktu yang berbeda tergantung masalah yang dialami. Untuk itu, coba download langsung aplikasinya di PlayStore.

4. Display Calibration

display calibration

Aplikasi ini mengklaim memiliki beberapa fitur seperti menghapus dead pixel, dan mengkalibrasi pixel kembali menjadi baik di bagian layar. Meningkatkan kemampuan touchscreen dan dapat digunakan tanpa harus melakukan root sebelumnya.

Untuk kamu yang memiliki mata sensitif, jangan lupa untuk melihat preview dari aplikasinya, cukup banyak tes yang digunakan dan akan sangat menyakitkan mata jika kamu tidak siap untuk melihat. Cek sendiri aplikasinya lewat PlayStore.

5. Touchscreen Dead pixels Repair

touchscreen dead pixels repair

Untuk beberapa kasus, dead pixel bisa diperbaiki melalui kalibrasi layar, termasuk menggunakan aplikasi ini. Tapi tidak semua dead pixel bisa diperbaiki hanya dengan menggunakan aplikasi, kebanyakan juga malah masalah hardware.

Sudah hal umum ketika dead pixel muncul di layar dan mengganggu touchscreen, membuatnya tidak responsive seperti setelan pabrik. Untuk mencobanya, kamu bisa langsung ke PlayStore.

Advertisement

6. Touchscreen Calibration: Repair Touchscreen Lag

touchscreen calibration repair touchscreen lag

Aplikasi ini akan mencoba mengkalibrasi touchscreen untuk deteksi sentuhan lebih baik dan mengurangi waktu respons. Hal ini akan sangat membantu bagi pengguna yang mengalami respon sentuh yang lambat atau berhenti merespons.

Aplikasi ini akan menganalisis waktu respons touchscreen dan mencoba membuat sentuhan terdeteksi lebih akurat dari sebelumnya. Dapatkan aplikasi ini langsung lewat PlayStore.

Untuk hasil yang lebih baik, aplikasi ini akan lebih maksimal jika perangkat sudah di-root (tidak harus). Alat ini ringan dan cocok untuk mengkalibrasi layar sentuh smartphone atau tablet.

7. Screen Calibration

screen calibration

Apakah layar perangkat kamu terasa berbeda, atau mungkin dirasa warnanya sudah tak se-akurat dulu? Jika ya, maka aplikasi ini mungkin cocok untuk kamu coba.

Hanya dengan 5 menit, aplikasi Screen Calibration akan mencoba mengatasi semua masalah ini, masalah seperti dead pixel, ghost screen, akurasi warna, kurang resolusi, akan teratasi dengan sendirinya. Aplikasi all in one yang ringan ini bisa kamu dapatkan lewat PlayStore secara gratis.

Advertisement

8. Accelerometer sensor Calibrator

accelerometer sensor

Dalam beberapa kasus, Accelerometer ponsel akan ada masanya macet dan akan menjadi masalah ketika kita menggunakannya untuk pemutaran video atau bermain game, aplikasi kecil ini dapat membantu kamu untuk memulihkan kembali sensor Accelerometer dalam beberapa langkah cepat & mudah.

Catatan: Jika masalah dead pixel tidak dapat diperbaiki menggunakan aplikasi, itu artinya masalah ada pada perangkat keras, dan satu-satunya solusi adalah mengganti chip sensor. Install aplikasi kalibrasi dan sensor layar android ini lewat PlayStore.

9. Touch Screen Calibration & Test

touch screen calibration & test

Aplikasi kalibrasi yang satu ini mudah untuk digunakan, cukup periksa setiap gerakan secara terpisah. Gesek dari kanan ke kiri dan sebaliknya, tes mengetuk layar (1 ketukan & 2 ketukan dan seterusnya), juga ada tes untuk zoom in dan zoom out.

Meskipun rating-nya tidak terlalu tinggi, tidak ada alasan lain jika layarmu rusak dan butuh bantuan. Siapa tau masalah akan selesai dengan menggunakan aplikasi dari PlayStore ini.

Accelerometer menggunakan Chip yang disebut MEMS atau “Micro-Electro-Mechanical, chip ini bisa macet dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sistem Micro Mechanical ini bisa macet karena guncangan tinggi pada perangkat.

Leave a Comment