Aplikasi Editing Video

Advertisements

Teknozone.ID – Di artikel satu ini kita akan membahas tentang daftar aplikasi editing video untuk pc maupun android.

Tentu saja para editor tau bahwa editing itu membutuhkan prosesor yang tinggi atau setidaknya tidak cepat panas untuk proses rendernya.

Aplikasi Editing Video PC

Pertama kita akan membahas tentang aplikasi editing video versi pc terlebih dahulu, karena menurut saya kebanyakan editor menggunakan perangkat pc atau komputer, langsung saja simak artikelnya.

1. Wondershare Filmora 9

aplikasi editing video pc - wondershare filmora 9

Advertisements

Dirilis pada 3 Agustus 2019

Wondershare Filmora memiliki banyak versi, tetapi saya akan membahas yang ke-9 karena aplikasi ini sangat memudahkan pengguna untuk mengedit dengan menyediakan efek, transisi, icon, green screen dan fitur lainnya yang dapat didownload di website wondershare.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis untuk Windows dan Mac dengan memiliki fitur premium yang berbayar.

2. Adobe Premiere

aplikasi editing video pc - adobe premiere

Dirilis pada 23 September 2003

Bukan karna tanggal rilisnya yang tua, tetapi Adobe sangat rajin mengupdate aplikasi Adobe Premiere, aplikasi ini adalah aplikasi editing yang berpenampilan simpel dan memiliki banyak fitur yang sangat berguna.

Aplikasi ini 7 hari trial gratis dan dapat dibeli seharga Rp. 283.000/bulan.

3. Adobe After Effect

aplikasi editing video pc - adobe after effect

Dirilis pada Januari 1993

Adobe After Effect adalah aplikasi editing yang berbasis visual effect, motion graphic. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mengedit video, rekaman game bahkan dapat digunakan untuk mengedit video menjadi seperti film ternama.

Aplikasi ini 7 hari trial gratis dan dapat dibeli seharga Rp. 283.000/bulan.

4. Windows Movie Maker

aplikasi editing video pc - windows movie maker

Dirilis pada 17 April 2014

Aplikasi ini sangat disarankan untuk kalian yang ingin presentasi, karena aplikasi ini menyediakan fitur – fitur yang simpel tetapi menarik. Bahkan kalian dapat membagikan hasil editing kalian langsung ke Facebook, Youtube, One Drive, Vimeo dan Flickr.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis hanya untuk Windows.

5. Power Director

aplikasi editing video pc - power director

Dirilis pada 17 September 2019

Power Director adalah aplikasi editing yang dirakit oleh CyberLink yang memiliki fitur simpel dan dapat didownload secara gratis, sayangnya aplikasi ini hanya dapat didownload untuk Windows.

6. Lightworks

aplikasi editing video pc - lightworks

Dirilis pada 17 Oktober 2019

Lightworks adalah aplikasi editing terbaik untuk Windows 10, dalam aplikasi ini kalian dapat mengedit video keluarga kalian menjadi lebih mudah. Kalian dapat mengexport hasil editing kalian dalam resolusi 4k.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dan dapat diupgrade ke premium yang berbayar.

7. Sony Vegas Pro

aplikasi editing video pc - sony vegas pro

Dirilis pada 10 Oktober 2010

Aplikasi yang memiliki banyak versi ini adalah buatan Sony, aplikasi ini mirip dengan Adobe Premiere tetapi berpenampilan lebih simpel dan memiliki fitur yang cukup untuk editing video atau audio.

Aplikasi ini dapat dibeli dengan harga $300USD.

8. Blender

aplikasi editing video pc - blender

Dirilis pada 17 April 2019

Aplikasi editing gratis ini memiliki visual effect dan fitur lainnya yang sangat bagus dan mudah digunakan, kalian dapat menambahkan efek spesial seperti petir atau lainnya. Aplikasi ini dapat didownload untuk Windows dan Mac.

9. OpenShot

aplikasi editing video pc - openshot

Dirilis pada Agustus 2008

Advertisements

OpenShot adalah aplikasi editing gratis yang dapat digunakan di FreeBSD, Linux, Haiku, macOS, dan Windows. Dalam aplikasi ini kalian dapat menggunakan effect dan transisi yang lengkap.

10. Shotcut

aplikasi editing video pc - shotcut

Dirilis pada Agustus 2011

Shotcut adalah aplikasi editing video yang gratis yang memiliki fitur lengkap dan dapat digunakan di FreeBSD, Linux, macOS dan Windows. Dimulai pada 2011 oleh Dan Dennedy, Shotcut dikembangkan oleh MLT Multimedia Framework, dalam pengembangan sejak 2004 oleh penulis yang sama.

11. DaVinci Resolve

aplikasi editing video pc - davinci resolve

Dirilis pada tahun 2004

DaVinci Resolve adalah aplikasi editing video terbaik dalam hal mengoreksi warna dan menyediakan fitur yang lengkap secara gratis, aplikasi ini dapat didownload untuk Mac, Windows dan Linux.

12. Pinnacle Studio

aplikasi editing video pc - pinnacle studio

Dirilis pada September 2015

Walaupun seharga $80USD, aplikasi ini tetap worth untuk dibeli dan digunakan karena aplikasi ini memiliki fitur dan effect yang berguna mulai dari simpel sampai kompleks, aplikasi ini sangatlah cocok untuk editor beginner.

Pinnacle Studio memiliki 30 hari trial gratis dan dapat didownload untuk Windows dan iOS.

13. VSDC

aplikasi editing video pc - vsdc

Dirilis pada tahun 2011

Untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi editing berpenampilan simpel, VSDC adalah aplikasi yang pas untuk kalian karena penampilannya yang minimalis. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis untuk Windows.

14. Hitfilm Express

aplikasi editing video pc - hitfilm express

Dirilis pada 17 April 2019

Hitfilm Express adalah aplikasi editing yang berbayar, aplikasi ini menyediakan fitur – fitur yang membuat editing kalian menjadi terlihat lebih profesional. Aplikasi ini dapat digunakan di Windows dan Mac.

15. Final Cut Pro X

aplikasi editing video pc - final cut pro x

Dirilis pada 21 Juni 2011

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar seharga $300USD, Final Cut Pro X memiliki fitur yang sangat bagus dan menyediakan 30 hari trial graits. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk Mac.

Advertisements

Aplikasi Editing Video Android

Kita sudah selesai membahas daftar aplikasi editing video untuk pc, sekarang kita berpindah ke daftar aplikasi editing video untuk android, langsung saja simak artikelnya.

1. FilmoraGo

aplikasi editing video android - filmorago

Dirilis pada 6 Juni 2018

Berbeda dari versi pc, filmorago dapat didownload dengan gratis dengan fitur yang terbatas dan watermark pada akhir video hasil editing, aplikasi ini dapat digunakan di Android dan iOS.

2. KineMaster

aplikasi editing video android - kinemaster

Dirilis pada 2 Mei 2017

KineMaster sangatlah laris dikalangan remaja untuk mengedit video secukupnya dengan tujuan mengumpulkan tugas seperti presentasi, cara-cara dan lain – lain. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di PlayStore dan memiliki watermark di setiap hasil editing.

3. VivaVideo

aplikasi editing video android - vivavideo

Dirilis pada 1 Mei 2014

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mengagumkan dan dapat didownload secara gratis di PlayStore, keluhan dari para pengguna yaitu dalam aplikasi ini terlalu banyak iklan yang mengganggu proses editing.

4. Adobe Premiere Rush

aplikasi editing video android - adobe premiere rush

Dirilis pada 2019

Adobe Premiere Rush adalah aplikasi editing yang hampir mirip dengan versi pcnya, tetapi aplikasi android ini tetap memiliki fitur yang sama dan bahkan mempermudah proses editing kalian.

aplikasi ini dapat didownload secara gratis di PlayStore dan memiliki versi premium untuk menambah fitur lainnya.

5. InShot

aplikasi editing video android - inshot

Dirilis pada 6 November 2015

Advertisements

InShot adalah aplikasi editing hp yang dapat didownload secara gratis di playstore, dalam aplikasi ini kalian dapat mengedit video menjadi lebih mudah karena fitur crop dan trim yang sangat berguna untuk menjadikan video menjadi lebih simpel.

6. PowerDirector

aplikasi editing video android - powerdirector

Dirilis pada 17 September 2019

PowerDirector adalah aplikasi editing yang berpenampilan sangat simpel dan minimalis, dalam aplikasi ini kalian dapat mengatur efek video dengan sangat mudah dan menyediakan fitur yang lengkap, bahkan aplikasi ini dapat didownload secara gratis di PlayStore.

7. YouCut

aplikasi editing video android - youcut

Dirilis pada 13 November 2018

YouCut adalah aplikasi editing android yang dapat didownload secara gratis di PlayStore, di aplikasi ini kalian dapat memendekan atau crop durasi video yang kalian edit. Selain itu, aplikasi ini hanya berukuran 22mb, pada umumnya aplikasi editing video berukuran 50-80mb.

Sekian daftar aplikasi editing video dari saya, semoga kalian menemukan aplikasi yang cocok untuk mengedit video kalian dan semoga hasil editing kalian menjadi lebih bagus, terima kasih.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊