8 Rekomendasi Aplikasi Copy Paste – Android

loading..

Copy dan paste merupakan perintah yang kerap digunakan di Android maupun PC. Contohnya untuk menyalin informasi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Untuk melakukan copy dan paste lebih cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi copy paste Android yang ada di Playstore.

Kenapa kamu butuh aplikasi tambahan untuk menjalankan tugas sesederhana copy dan paste? Pasalnya, fungsi tersebut tidak mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali dikembangkan. Fungsinya masih sangat sederhana dan kurang bisa diandalkan.

Rekomendasi Aplikasi Copy Paste Android

Berikut terdapat 7 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan copy dan paste dengan fungsi yang lebih lengkap.

1. Clipboard Actions

clipboard actions

Aplikasi yang pertama merupakan hasil pengembangan dari developer bernama Halfreal Games. Kamu bisa download dan install aplikasi ini secara gratis melalui Playstore. Clipboard Actions menyediakan banyak pilihan action yang bisa kamu gunakan.

Untuk mengcopy teks, kamu bisa melakukannya seperti biasa. Blok atau seleksi teks yang ingin disalin. Setelah itu pilih menu Copy. Setelahnya kamu bisa memilih salah satu perintah yang disediakan oleh aplikasi Clipboard Actions dari notification bar. Kamu bisa menyesuaikan nya dengan kebutuhan.

2. Easy Copy

easy copy

Di tempat kedua ada Easy Copy yang jumlah tools-nya tidak kalah banyak dibandingkan Clipboard Actions. Ada pun fitur yang ditawarkan antara lain:

  • Melakukan panggilan
  • Melacak lokasi
  • Melakukan pencarian
  • Mengirim SMS
  • Dan masih banyak lagi

Cara kerja Easy Copy ini cukup berbeda karena menggunakan sistem pop up. Kamu tidak akan melihat tools Easy Copy di notifications center. Tools Easy Copy akan muncul ketika kamu menyeleksi dan mengcopy teks. Kemudian pilih salah satu aksi yang akan kamu lakukan.

3. Universal Copy

universal copy

Beberapa aplikasi tidak mengizinkan penggunanya menyeleksi teks dan menyalinnya. Jika kamu membutuhkan teks dari aplikasi yang melarang tindakan copy paste, gunakan saja aplikasi Universal Copy. Aplikasi ini bisa menjadi solusi ketika clipboard bawaan Android tidak bisa dipakai.

Namun aplikasi ini punya satu kekurangan yaitu mengharuskan penggunanya. Terkadang pengguna baru akan merasa kebingungan ketika pertama kali memakai aplikasi Universal Copy.

Ketika sudah berhasil melakukan pengaturan, aplikasi tersebut akan sangat membantu untuk copy semua hal di layar Android.

4. Clip Layer

clip layer

Clip Layer memiliki fungsi yang hampir sama seperti aplikasi sebelumnya, Universal Copy. Fungsi utamanya adalah mengcopy atau menyalin teks dari semua aplikasi dan dokumen yang ada di layar Android. Namun Clip Layer ini memiliki satu keuntungan yang tidak dimiliki aplikasi sebelumnya.

Untuk menggunakannya, kamu harus mengatur Clip Layer sebagai aplikasi bantuan terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol home, kemudian aktifkan tombol Clip Layer serta fungsi salinan teks. Berikutnya, kamu bisa mulai menyalin teks dengan menekan salah satu tombol di aplikasi Clip Layer.

5. Native Clipboard

native clipboard manager

Aplikasi untuk copy paste di Android berikutnya adalah Native Clipboard yang berguna untuk menyisipkan teks tersimpan ke dalam text box. Ketika aplikasi ini diaktifkan dan kamu sedang berada di text box, maka akan muncul semua teks yang tersimpan di Native Keyboard.

Advertisement

Sementara untuk meng-copy teks, kamu bisa melakukan cara klasik atau cara seperti biasa tanpa Native Keyboard. Pertama, pilih atau seleksi terlebih dahulu teks yang akan dicopy, kemudian pilih opsi Copy. Selanjutnya, teks tersebut akan tersimpan di penyimpanan Native Clipboard.

6. Clipboard Pro

clipboard pro

Di urutan ke enam ada aplikasi yang bernama Clipboard Pro. Clipboard Pro ini termasuk salah satu aplikasi clipboard terbaik dibandingkan aplikasi lainnya. Aplikasi yang satu ini mendapatkan predikat terbaik bukan karena penampilan, melainkan karena fungsinya.

Konsep aplikasi ini sedikit berbeda dengan lima aplikasi sebelumnya yang harus dibuka dan ditutup. Clipboard Pro ini menyediakan on screen widget yang memungkinkan penggunanya mengakses aplikasi tersebut tanpa harus membukanya. Ukuran widget juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

7. Clip Stack

clip stack

Satu lagi aplikasi gratis di Playstore yang menawarkan fungsi copy dan paste teks yaitu Clip Stack. Aplikasi ini gratis namun tidak memiliki iklan sedikit pun. Tak heran jika banyak yang lebih menyukai Clip Stack dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Advertisement

Fungsi yang dimiliki oleh Clip Stack sebenarnya lebih banyak jika disandingkan dengan Clipboard Pro. Salah satu fitur yang tidak dipunyai Clipboard Pro adalah pop up yang akan tampil saat pengguna menekan ikon Clip Stack di keyboard.

8. Clipboard Manager

clipboard manager

Di urutan terakhir ada aplikasi Clipboard Manager yang memungkinkan kamu membuat beberapa kategori untuk menyimpan salinan teks. Clipboard Manager ini juga masuk ke dalam jajaran aplikasi gratis sehingga fungsinya cukup terbatas.

Kamu hanya bisa menyimpan salinan teks hingga 20 jumlahnya. Untuk menambah kapasitas penyimpanan clipboard, kamu perlu update ke versi pro dengan membayar sejumlah biaya.

Selain 8 aplikasi copy paste Android yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa menemukan banyak aplikasi sejenis di Playstore. Namun 8 aplikasi di atas adalah pilihan yang terbaik di antara semua aplikasi serupa.

Leave a Comment