Apa itu Windows PowerShell

loading..

Windows PowerShell adalah Microsoft framework yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas menggunakan baris perintah shell dan bahasa script terkait (khusus Windows).

Ketika dirilis pada tahun 2006, PowerShell pada dasarnya menggantikan Command Prompt sebagai cara default untuk mengotomatisasi proses batch dan membuat alat manajemen sistem yang disesuaikan.

Banyak administrator sistem, termasuk managed services providers (MSP) mengandalkan baris perintah dalam PowerShell untuk menjalankan tugas di sistem lokal dan jarak jauh.

Singkatnya, PowerShell adalah solusi yang membantu pengguna mengotomatiskan berbagai tugas administratif tentang komputer di jaringan.

Apakah PowerShell virus?

powershell windows 10

Terkadang, virus/malware bisa menyembunyikan dirinya sebagai aplikasi bawaan sistem, termasuk PowerShell

Pernah ditemukan oleh peneliti keamanan malware, SecGuru, PowerShell adalah virus jenis ransomware yang didistribusikan melalui file berbahaya yang dilampirkan ke pesan email spam (Delivery Status Notification palsu). Lampirannya berupa fil js yang dikompresi dua kali (zip dalam zip).

Advertisement

Di Windows 10, PowerShell bukanlah virus maupun malware. Ia merupakan utility/alat bawaan Windows yang digunakan untuk menjalankan baris perintah.

Fungsi PowerShell

fungsi powershell windows

PowerShell merupakan shell command-line berbasis bahasa scripting yang digunakan untuk membantu administrator sistem dan power-user untuk menjalankan tugas & mengelola sistem operasi secara otomatis

Advertisement

PowerShell juga digunakan untuk menulis script agar lebih mudah saat mengelola sistem Windows ketimbang menggunakan Command Prompt.

Sedangkan, Command Prompt sendiri pada dasarnya hanyalah sebuah salinan dari berbagai perintah DOS, sehingga kamu dapat mengoperasikan berbagai perintah DOS didalamnya.

Leave a Comment