Apa itu VSync

Advertisement

Teknozone.ID – VSync mungkin terdengar asing bagi sebagian orang awam, namun cukup familiar dengan dunia game.

Istilah ini sering dijumpai pada pengaturan grafis game. Meskipun begitu, tidak sedikit para pemain game tersebut masih belum mengetahui apa itu VSync.

 

V-sync

V-sync atau Vertical synchronization adalah pengaturan yang terdapat pada kartu grafis tertentu untuk merendahkan frame rate untuk menyesuaikan kemampuan monitor komputer demi mengurangi screen tearing.

Kependekan dari vertical sync (sinkronisasi vertikal), VSync adalah teknologi grafis yang bertanggung jawab untuk menyinkronkan kecepatan antara bingkai game ke kecepatan refresh monitor.

Sinkronisasi ini menghadirkan gameplay yang mulus tanpa gangguan untuk game 3D dengan grafis yang berat

Sampai saat ini, VSync masih dikembangkan oleh beberapa manufaktur GPU dengan sebutannya sendiri, contohnya Gsync, Freesync, dll. Teknologi ini ampuh untuk mengatasi screen tearing, yaitu desinkronisasi antara layar dan input game.

vsync mengatasi screen tearing
screen tearing pada game tanpa vsync | gambar: displayninja.com

Screen tearing bisa terjadi kapan saja dan sangat jelas terlihat jika kita bermain game yang fast pace seperti FPS, maka kamu akan merasakan tampilan di layar seperti terbelah

Advertisement

Cara kerja VSync yaitu refresh rate yang kita pakai akan di lock pada 60hz (kecuali kamu mempunyai layar yang lebih cepat refresh ratenya). sehingga frame rate yang dihasilkan akan selalu tampil secara utuh pada layar, mengurangi screen tearing.

 

Apakah VSync sangat dibutuhkan?

VSync sayangnya hanya berfungsi untuk mengurangi screen tearing, dan VSync membantu untuk membatasi frame rate jika memang diperlukan.

Jika monitor tidak mampu mengangkat frame rate yang tinggi pada game tertentu, VSync akan sangat berpengaruh pada performa PC.

ilustrasi render vsync
ilustrasi render ketika vsync dimatikan | gambar: blogspot.com

Akan tetapi, VSync tidak bisa meningkatkan resolusi, maupun gradasi warna dan kecerahan yang dihasilkan oleh monitor layaknya HDR (High Definition Resolution).

Teknologi VSync hanya bertindak sebagai solusi untuk masalah spesifik daripada sebagai penambahan kualitas

fungsi vsync pada game
fungsi vsync pada game | gambar: miro.medium.com

dengan memaksa frame rate untuk di-render secara penuh terlebih dahulu, frame rate mu mungkin akan menjadi kecil, dan pada beberapa game, semakin kecil frame rate maka semakin besar juga input lag, maka penggunaan VSync ini tidak cocok untuk game kompetitif karena mempengaruhi performa kita

Apakah VSync perlu diaktifkan?

Advertisement

Hampir seluruh game yang kamu mainkan saat ini sudah mengaktifkan fitur Vsync saat menjalankan game. Selama kamu memiliki kartu grafis modern, aktifkan fitur Vsync untuk memaksimalkan pengalaman bermain.

 

Kekurangan & Kelemahan VSync

VSync jauh dari kata ‘solusi yang sempurna’ dan dapat mempengaruhi pengalaman bermain kita, meskipun itu berguna dan dapat bekerja dengan semestinya.

Jika monitor dan game mengalami kendala dalam sinkronisasi frame, maka VSync dapat menurunkan frame rate sampai ia mendapat point yang cocok untuk sinkron.

lag saat mengaktifkan vsync

Proses ini bisa mengakibatkan input lag dan stutter bertambah, yang tentu saja akan memperburuk pengalaman bermain kita.

Screen tearing adalah masalah yang paling terlihat pada game fast paced, namun tidak jarang juga terjadi pada game bergenre yang lain.

Advertisement

Jika kamu tipe orang yang selalu bermain serius dan kompetitif, menyalakan VSync mungkin hal yang buruk. biasanya didalam game ada pengaturan triple buffering yang dapat mengatasi masalah yang ada pada VSync, tapi tidak tentu juga ini menjadi solusi pengganti VSync

 

VSync vs G-Sync vs FreeSync

vsync vs freesync

NVIDIA mengembangkan G-Sync dan AMD mengembangkan FreeSync untuk menutupi kelemahan VSync, keduanya merupakan teknologi yang menyinkronkan refresh rate layar langsung ke frame rate GPU, sehingga menghasilkan input layar yang jernih, bebas tearing, layar yang tajam tanpa membawa kendala-kendala yang ada pada VSync.

Bisa disimpulkan bahwa kedua teknologi tersebut adalah software VSync original mereka, namun lebih baik dari VSync biasa. Jika opsi ini tersedia, boleh saja kamu menggunakannya

Kesimpulannya, berguna atau tidaknya VSync tergantung pada kompatibilitas monitor dan GPU mu. Kebanyakan monitor hanya support salah satu dari G-Sync, atau Freesync.

 

Untuk artikel seputar games dan informasi lainnya, cek juga:

Leave a Comment