Apa itu SSD M.2

Advertisement

SSD M.2, yang sebelumnya dikenal sebagai Next Generation Form Factor, adalah spesifikasi untuk perangkat tambahan komputer yang dipasang secara internal.

M.2 diisukan akan menggantikan standar mSATA, yang menggunakan konektor kartu fisik PCI Express Mini. Karena ukurannya yang lebih kecil namun lebih cepat, SSD M.2 sangat diminati dibanding storage device lainnya.

 
gambar cara pasang ssd m2
gambar cara pasang ssd m.2 | credit: slickdeals.net

Untuk memasang SATA atau PCIe SSD M.2 di komputer:

  1. Lepaskan baut penahan yang ada pada slot M.2
  2. Masukkan M.2 SSD ke slot terkait.
  3. Tekan sedikit, lalu pasang kembali baut pengencang.

Ada 2 jenis SATA yang saat ini bisa kamu temukan di pasaran, yaitu PCIe dan SATA. keduanya memiliki ukuran dan bentuk PIN yang berbeda.

PCIe lebih cepat daripada SATA, tetapi keduanya sudah jauh lebih cepat dibanding hard disk biasa untuk komputer

Advertisement

 

Ukuran

Untuk modul M. 2 berbasis SSD, ukuran yang paling umum adalah

  • 22mm x 30mm,
  • 22mm x 42mm,
  • 22mm x 60mm,
  • 22mm x 80mm, dan
  • 22mm x 110mm.

Ukuran tersebut dibaca menggunakan dimensi 2 digit pertama menentukan lebar (semua 22mm) dan digit lainnya menentukan panjang, dari 30mm hingga 110mm.

 

Keunggulan

perbedaan m2 pcie dan sata
PCIe M.2 SSD (kiri) vs SATA M.2 SSD (kanan)

SSD M.2 lebih cepat dan umumnya memiliki ukuran lebih besar daripada kebanyakan mSATA. SSD M.2 mendukung berbagai interface seperti PCIe 3.0, SATA 3.0 dan USB 3.0, dibandingkan dengan mSATA, yang hanya mendukung SATA saja.

Apakah SSD SATA M.2 lebih cepat daripada SSD SATA atau mSATA 2,5 inci standar?

Advertisement

Mengutip dari situs kingston.com, kinerja keduanya kemungkinan akan sama; itu juga akan tergantung pada pengontrol khusus di dalam sistem host yang digunakan SSD.

Spesifikasi SATA 3.0 mendukung hingga 600MB/dtk baik dalam faktor bentuk SSD 2,5”, mSATA, atau M.2. Ditambah lagi tata letak dan pengontrol internal setiap SSD mempengaruhi kinerja

Apakah SSD M.2 PCIe lebih cepat dari M.2 SATA?

Advertisement

Interfeace PCIe lebih cepat, karena spesifikasi SATA 3.0 dibatasi hingga kecepatan maksimum ~600MB/dtk, sementara PCIe Gen 2 x2 mampu hingga 1000MB/dtk, Gen 2 x4 mampu hingga 2000MB/dtk, dan Jalur Gen 3 x4 hingga 4000MB/dtk.

 

Spesifikasi M.2 dirancang untuk interface SATA dan PCIe untuk SSD. Tetapi, SSD SATA M.2 akan menggunakan pengontrol yang sama saat ini pada SSD SATA 2,5” biasa.

Sedangkan, SSD PCIe M.2 akan menggunakan pengontrol yang dirancang khusus untuk mendukung protokol PCIe.

SSD M.2 hanya dapat mendukung satu protokol, tetapi beberapa sistem memiliki soket M.2 yang dapat membaca SATA atau PCIe.

Leave a Comment