Apa itu Ray Tracing

Advertisement

Teknozone.ID – Semakin berkembangnya teknologi, para developer seakan diminta untuk meningkatkan kualitas gaming dan video menjadi semakin tinggi, salah satu istilah yang cukup populer adalah ray tracing.

Untuk kamu yang belum tau, istilah Ray Tracing ini mengacu pada teknologi canggih yang membuat kualitas cahaya dan bayangan sebuah adegan/scene seakan menjadi sangat nyata.

Namun, karena pelacakan sinarnya bekerja dengan “mensimulasikan” dan melacak setiap sinar cahaya yang dihasilkan oleh sumber pencahayaan, dibutuhkan banyak tenaga untuk merender grafis agar terlihat sempurna.

 

Apa itu Ray Tracing?

contoh ray tracing pada game

Ray tracing atau RT adalah teknik modern yang digunakan untuk menghasilkan pencahayaan di video game terlihat seperti di kehidupan nyata.

Advertisement

RT bekerja dengan mensimulasikan sinar cahaya yang dihasilkan dari sumber cahaya (lampu, matahari, senter, dll.), menggunakan algoritma untuk melacak jalur yang akan diambil berkas cahaya.

Dengan menggunakan teknik ini, desainer game dapat membuat sinar cahaya virtual yang tampak memantulkan objek, atau memberikan bayangan yang realistis, dan membuat pantulan yang seperti aslinya.

 

Cara Kerja Ray Tracing

Secara singkat, pengembang akan mengawalinya dengan membuat cahaya “buatan” dengan software pendukung animasi/pembuatan game, biasanya cahaya dilambangkan dengan lampu, senter atau lensa cahaya. Kemudian, akan ada semacam garis bantu yang menunjukkan arah cahaya dikeluarkan.

cara kerja ray tracing

Algoritme modern ini dapat melacak jalur cahaya, kemudian mensimulasikan cara cahaya berinteraksi dengan objek virtual yang akhirnya muncul di dunia yang dihasilkan di komputer.

Advertisement

cara ray tracing bekerja

Tak jauh beda dengan kehidupan nyata, cahaya matahari terkadang masuk lewat sela-sela lubang di langit-langit. Atau cahaya lampu yang redup di pinggir jalan saat malam hari. Agar kualitas game / video menjadi lebih realistis, maka digunakanlah teknologi pencahayaan ini.

Ray tracing memungkinkan bayangan dan pantulan objek yang lebih nyata, bersama dengan translucence dan scattering yang jauh lebih baik.

 

Penggunaan Ray Tracing

ray tracing pada game

Ray tracing digunakan secara ekstensif saat mengembangkan graphics imagery di komputer untuk memproduksi film, acara tv dan lainnya.

Advertisement

Dikarenakan prosesnya lama dan membebani hardware komputer, proses sentuhan RT dikenal menjadi salah satu proses yang panjang dan melelahkan.

Saat digunakan, algoritma RT akan memperhitungkan di mana cahaya mengenai objek, menghitung interaksi, dan berinteraksi seakan seperti mata manusia akan memproses cahaya, bayangan, dan pantulan nyata, misalnya.

 

Untuk artikel menarik lainnya, cek juga:

Leave a Comment