Apa Itu Patreon

Teknozone.ID – Pada artikel satu ini saya akan membagi pengetahuan tentang suatu website yang sangat berguna untuk kalian para artis dan content creator, tidak hanya youtube ternyata website ini juga bisa digunakan untuk mencari uang!

Apa itu Patreon? Patreon adalah suatu platform yang dibuat untuk mempermudah para creator dan artist untuk berkarya dan menghasilkan uang, dalam patreon ada berbagai macam creator sepert YouTube editor, penulis komik, illustrator, penulis, podcast, musisi dan konten dewasa.

Website ini bertipe Membership Platform, Dalam website ini kalian akan mempunyai “Patrons” atau bisa di bilang followers, kalian juga bisa menjadi patrons dengan berbayar sesuai harga yang ditentukan oleh creator.

 

Sejarah dan Perkembangan Patreon

apa itu website patreon

Patreon di bangun pada tanggal Mei tahun 2013 oleh Jack Conte dan Sam Yam. Saat itu Jack Conte merupakan seorang Musisi di Youtube.

Dia sedang mencari solusi tentang masalahnya yang berkaitan dengan fansnya. Ada jutaan fans Jack Conte yang menyukai karya dan videonya, namun hanya beberapa dollar saja yang bisa didapatkan dan mengalir ke akun banknya.

Maka dari itu, ia punya suatu ide, bagaimana jika dia membuat website yang memudahkan fans nya untuk mendonasikan langsung ke Jack Conte dana yang mereka ingin kasih. dengan begitu, maka didirikannya Patreon.

Pada Tanggal Januari 2017 Patreon mengumumkan bahwa mereka telah mengeluarkan uang untuk para creator sebesar $100,000,000. Dan pada tanggal Mei 2017 Patreon memiliki creator aktif lebih dari 50.000 dan di totalkan penghasilan creator tersebut mencapai $150,000,000.

 

Cara Mendapatkan Uang di Patreon

Dalam website ini kalian dapat mengunggah karya kalian seperti gambar, skill editing, musik, animasi, komik, dll., sepengalaman saya, sebelum kalian siap untuk menghasilkan uang, kalian harus menunggu notifikasi dari patreon tentang approved atau tidaknya akun kalian. Jika kalian sudah ter approved maka kalian dapat menyebar akun kalian ke publik bahwa kalian sudah siap untuk menjadi Patreon.

Sebelum di approved kalian harus mengatur akun kalian, mulai dari sampul, foto profil, dll. Untuk menarik para patrons, kalian harus isi kolom bernama “About Your Page” disitu kalian isi dengan cerita singkat tentang kalian dan apa goals kalian.

Untuk para Creator, Patreon memberikan fitur membership yang diberikan sebagai alat mereka untuk mendapatkan, memanajemen, dan memberi pilihan bagi para fans mereka.

Fiturnya yaitu, para Creator dapat membagi-bagi jenis layanan sesuai dengan ketertarikannya, misalnya fans membeli membership ke creator selama sebulan, 2 bulan, atau bahkan setahun.

Dan setiap kategori tersebut, akan dibedakan dengan konten – konten eksklusif, misal akses eksklusif, konten ekstra, atau menelusuri lebih dalam tentang para kreator mereka.

Contohnya 5$ per bulan untuk animasi dan 4$ untuk musisi atau kalian bisa menggabungkannya menjadi satu dengan harga yang lebih tinggi menjadi musisi dan animasi 20$ perbulan.

 

Cara Buat Akun Patreon

cara register akun patreon

Untuk kalian yang sudah tertarik karena saya jelaskan sebagian dari Patreon diatas, saya akan memberitahu kalian bagaimana cara daftar akun di Patreon, tentu saja karena ini website jadi kalian membutuhkan koneksi internet.

Begini cara register akun patreon:

  1. Buka www.patreon.com/signup.
  2. Isi Username, Email dan yang lainnya.
  3. Klik Sign Up.

Patreon akan memverifikasi email yang kalian daftarkan.Cukup mudah kan daftarnya, untuk kalian yang tertarik saya sarankan untuk menonton video dari para ahli creator di YouTube untuk menambah pengetahuan.

Patreon juga tidak hanya untuk luar negri saja loh, orang indonesia juga ada yang menggunakan Patreon untuk usahanya seperti Artnesia, sudah paham kan apa itu Patreon?.

Satu pemikiran pada “Apa Itu Patreon”

Tinggalkan komentar