Apa itu Pagefile.sys

X
Loading...

Teknozone.ID - Pagefile.sys / Pagefile adalah file sistem Windows yang bertindak sebagai file swap dan dirancang untuk meningkatkan kinerja sistem operasi.

Windows menggunakan Pagefile sebagai RAM jika aplikasi yang kamu jalankan di komputer membutuhkan lebih banyak RAM daripada yang dimiliki.

Pagefile.sys adalah file sistem dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi berbasis Windows termasuk Windows 10.

File ini milik memori virtual (Virtual Memory). Biasanya, ketika user menjalankan aplikasi atau bekerja dalam sebuah aplikasi, sistem akan menggunakan RAM

Apakah Pagefile Virus atau Spyware?

apakah pagefile virus

Advertisement

Sebnarnya, Malware apapun dapat menamai diri mereka apa saja, termasuk pagefile.sys, tapi bukan berarti file ini virus. Jadi kamu harus memeriksa dimana lokasi pagefile ini berada, jika bukan di sistem kemungkinan ia sedang menyamarkan dirinya.

Advertisement

Lokasi file system terletak di folder Windows di partisi dimana OS diinstall, umumnya C:\Windows. Masalahnya, file sistem ini rentan terserang jika kamu tidak menggunakan aplikasi antivirus. Jika pagefile memiliki format .exe, coba lakukan scan karena kemungkinan besar ini malware.


Apa sih Fungsi Pagefile.sys?

mengatur pagefile vram

File pagefile.sys adalah cara Windows NT menangani memori virtual menggunakan demand paging. Demand paging pada dasarnya adalah cara sistem operasi dapat mengganti ruang pada hard disk dengan RAM yang sebenarnya.

Prosedur ini dilakukan oleh Unit Manajemen Memori atau MMU pada CPU. Memori dipecah menjadi potongan-potongan kecil yang disebut page frames. Dalam kasus ini, "memori" berarti ruang yang ada di RAM dan di hard disk di pagefile.


Berapa ukuran Pagefile.sys yang benar?

ukuran pagefile untuk gaming

Biasanya pagefile berukuran 1,5 kali dari ukuran physical memory yang kamu punya, angka ini adalah ukuran minimum yang disarankan. Sedangkan, untuk ukuran maksimum untuk Pagefile adalah 3 kali dari ukuran physical memory yang sebenarnya.

Contoh: Kamu memiliki RAM 8GB, maka ukuran pagefilenya 1,5 nya (8+4) jadi pasang 12GB atau 16GB tak masalah.

Advertisement

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, pagefile adalah file tersembunyi, artinya kamu baru bisa melihat filenya setelah mencentang "Show hidden files and folders" di Folder Options.

Untuk informasi seputar sistem Windows lainnya, cek juga:

Bolehkan menghapus file pagefile.sys?

Advertisement

Karena pagefile.sys merupakan file sistem, user tidak bisa begitu saja menghapusnya. Meskipun tidak disarankan, bukan berarti tidak bisa dihapus.

Pertama, atur dulu ukuran awal dan maksimum dari pagefile menjadi 0. Setelah tidak menggunakan pagefile, kamu bisa menghapusnya. Tapi ingat, baik saya maupun Microsoft sendiri tidak menyarankan untuk menonaktifkan pagefile.

Kamu bisa mendapatkan informasi lebih rinci tentang pagefile dan semua background process yang berjalan lainnya dengan Task Manager.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊