Apa itu ODC (Optical Distribution Cabinet)

Advertisements

Optical Distribution Cabinet (ODC) adalah benda berbentuk kotak yang berfungsi sebagai media instalasi sambungan fiber optik, benda ini juga dikenal sebagai ODC fiber optic.

ODC biasanya terbuat dari metal keras khusus yang membantu untuk pembuatan jaringan berkemampuan cross connect maupun through-connect berdasarkan dengan pedoman.

Advertisements

Di dalamnya, terdapat beberapa komponen tambahan seperti connector, splicing dan tempat untuk manajemen fiber (mengatur kabel dan lainnya) demi kelancaran komunikasi.

Advertisements

Advertisements

gambar struktur odc fiber
gambar struktur odc | credit: bitcoma.id

Advertisements

Isi kabinet, meliputi:

  • Preconnectorized: kabel optik yang di kedua ujungnya sudah memiliki connector, panjangnya berkisar 50 M, 75 M, 100 M, dan 200 M. Pemakaiannya disesuaikan seberapa panjang dari ODP ke rumah pelanggan.
  • Passive Splitter: alat yang membagi sinyal optik menjadi beberapa path (multiple path) atau sinyal-sinyal kombinasi dalam suatu jalur. Selain itu splitter juga bisa digunakan untuk merutekan dan mengkombinasikan berbagai sinyal optik.
  • ODP Wall: merupakan sebuah perangkat pendukung layanan fiber optik, berfungsi sebagai titik terminasi kabel serat optik ke beberapa pelanggan (terminal) ODP Wall di instalasi di dinding atau dipasang diatas tiang.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊