Apa itu Mode Switchport

loading..

Switch port adalah interface khusus Layer 2 yang berhubungan dengan port fisik. Port switch dapat berupa port akses, port trunk, atau port tunnel.

Switch port digunakan untuk mengelola interface fisik dan protokol Layer 2 terkait dan tidak menangani routing ataupun bridging.

mode switchport cisco
credit: protechgurus

Pada network switch, switch port adalah lubang fisik tempat kabel data dapat dicolokkan. Ia menerima konektor fisik dari komputer dan perangkat lain di jaringan yang kemudian menerima dan meneruskan data menggunakan packet switching.

Switch interface terhubung ke perangkat seperti desktop, laptop, printer, dll. Secara default, port switch Cisco ditetapkan ke VLAN 1 dalam mode akses.

Di Cisco, kamu bisa mengatur port switch ke mode akses secara eksplisit menggunakan perintah akses mode switchport dalam interface configuration mode.

Switchport Mode Trunk

Trunk port pada umumnya digunakan pada switch untuk switch communication atau switch ke Router.

Trunks membawa beberapa VLAN di seluruh perangkat dan memelihara tag VLAN dalam Ethernet frames untuk menerima perangkat yang terhubung dan langsung membedakan antara Vlan yang berbeda.

mode switchport trunk

Perintah switch(config-if)# mode switchport { akses | trunk } akan mengatur interface sebagai port trunk Ethernet.

Advertisement

Sebuah port trunk dapat membawa traffic dalam satu atau lebih VLAN pada link fisik yang sama (VLAN didasarkan pada daftar VLAN trunk-allowed). Secara default, interface trunk dapat membawa traffic untuk semua VLAN

Switchport Mode Access

mode switchport access

Sedangkan, menggunakan perintah “Switchport mode access” akan memaksa port menjadi port akses sementara dan perangkat apa pun yang dicolokkan ke port ini hanya akan dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang berada di VLAN yang sama.

Advertisement

Port akses atau access port adalah koneksi pada switch yang mengirimkan data ke dan dari VLAN tertentu.

Sebuah port trunk memungkinkan kita untuk mengirim semua sinyal tersebut untuk setiap switch atau router melalui satu link trunk.

Berbeda dengan port akses, port trunk harus menggunakan pendanaan atau tagging untuk memungkinkan sinyal mencapai titik akhir yang benar

Leave a Comment