MikroTik vs RouterBoard vs RouterOS

Teknozone.ID – Selama menggunakan MikroTik, sering kali kita bingung antara apa itu MikroTik, RouterOS, RouterBoard dan istilah lainnya.

  • MikroTik adalah nama sebuah perusahaan yang mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel
  • RouterOS adalah sistem operasi jaringan berbasis Linux yang ditujukan untuk instalasi pada router MikroTik RouterBoard
  • RouterBOARD adalah platform perangkat keras dari MikroTik, (biasanya) berupa router yang menggunakan sistem operasi RouterOS

Untuk informasi lebih jelasnya, kalian bisa baca di pembahasan artikel ini. Tentunya ada beberapa istilah lain juga yang bisa kalian temukan di sini.

Advertisement

 

Apa itu MikroTik

apa itu routeros
routerOS

MikroTik RouterOS adalah istilah untuk sistem operasi yang digunakan untuk network router.

Meski bernama RouterOS, ia dapat digunakan untuk merubah komputer menjadi router network, lengkap berbagai fungsi untuk IP network dan wireless.

Apa itu Router MikroTik?

RouterBOARD adalah platform perangkat keras dari MikroTik yang digunakan untuk menjalankan sistem operasi RouterOS.

Perangkat ini menyediakan berbagai fitur seperti access points, firewall, dan fungsi pengelolaan jaringan lainnya. Biasanya, sebuah routerboard terdiri dari prosesor, RAM, ROM, dan memory flash.

 

Fungsi MikroTik

apa itu routerboard
RouterBOARD

Sistem operasi MikroTik dirancang untuk router jaringan. OS dan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membuat komputer menjadi router jaringan mencakup berbagai fitur untuk jaringan IP dan jaringan wireless / nirkabel.

Sebagai sebuah sistem operasi, MikroTik berfungsi untuk pengaturan dan konfigurasi jaringan LAN menggunakan dengan menggunakan RouterOS. Dengan begitu, admin jaringan lebih mudah untuk mengelola.

Untuk artikel tentang Mikrotik lainnya, cek di sini:

Meskipun RouterOS ini adalah sistem operasi untuk RouterBoard, ia juga dapat diinstall di PC untuk mengubahnya menjadi router, lengkap dengan semua fitur yang dibutuhkan seperti router, firewall, pengaturan bandwidth, vpn server, dan lainnya.

 

Konfigurasi MikroTik

Sebelum dapat digunakan, MikroTik (dengan WLAN) biasanya harus dikonfigurasi terlebih dahulu. Cukup banyak fitur yang ditawarkan pada sebuah MikroTik router kecil, dan kalian bisa mengaksesnya melalui WinBox.

Instalasi WinBox

  1. Download WinBox dari situs MikroTik.
  2. Buka folder download WinBox.
  3. Jalankan file tanpa install.
  4. Login menggunakan IP, user dan password MikroTik.

Instalasi MikroTik:

  1. Siapkan Mikrotik RouterBoard.
  2. Burn file ISO MikroTik ke CD kosong.
  3. Masukkan CD MikroTik ke CD/DVD ROM.
  4. Setting Boot Order di BIOS komputer untuk booting ke CD.
  5. Tunggu komputer booting ke dalam CD/DVD

Karena prosesnya panjang dan rumit, juga saya belum punya pengalaman tentang instalasi routerOS ini, jadi gambar belum di masukkan.

Apa itu WinBox?

apa itu winbox

WinBox merupakan alat yang membantu admin jaringan dalam mengatur RouterOS di Mikrotik dengan cepat dan GUI yang simpel. WinBox dapat digunakan untuk Linux dan MacOS (OSX) dengan bantuan software Wine.

Tentunya, MikroTik sangat membantu para admin yang bertugas untuk mengelola jaringan. Bayangkan kabel-kabel jaringan yang harus diatur tanpa tau apa itu MikroTik, sangat berantakan.

Leave a Comment