Apa itu Middleware

loading..

Middleware adalah perangkat lunak yang terletak di antara sistem operasi dan aplikasi yang berjalan di atasnya.

Middleware menyediakan layanan dan kemampuan umum untuk aplikasi di luar yang ditawarkan oleh sistem operasi. Misalnya, manajemen data, layanan aplikasi, messaging, otentikasi, dan manajemen API, semuanya biasanya ditangani oleh middleware.

Ia juga yang memungkinkan komunikasi dan manajemen data untuk aplikasi terdistribusi dengan beroperasi sebagai hidden translation layer. Walaupun istilah ini dianggap tidak jelas karena digunakan untuk menghubungkan dua aplikasi terpisah bersama-sama

Contoh Middleware

contoh middleware
contoh middleware | credit: phincon

Contoh middleware yang umum termasuk middleware database, middleware server aplikasi, middleware berorientasi pesan, middleware web dan monitor pemrosesan transaksi

Contoh middleware berorientasi database termasuk ODBC, JDBC dan monitor pemrosesan transaksi.

Distributed computing system middleware secara tak langsung dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu yang menyediakan layanan waktu manusia (seperti layanan permintaan web) dan yang bekerja pada waktu mesin.

Advertisement

Fungsi Middleware

ilustrasi fungsi middleware
credit: DigitalThinkerHelp

Fungsi middleware dapat dibagi menjadi tiga kategori utama: aplikasi khusus (application-specific), pertukaran informasi (information-exchange) dan manajemen dan dukungan middleware (support middleware).

Advertisement

Middleware vs API

Middleware memungkinkan sekelompok sistem atau fungsi untuk berinteraksi. Jadi jika memiliki situs web, dan sistem pembayaran, middleware dibutuhkan agar mereka salihg terhubung. Sedangkan, API adalah interface ke programming library (atau pustaka).

Leave a Comment