HDCP

Teknozone.ID – HDCP adalah singkatan dari High-bandwidth Digital Content Protection. Tujuan HDCP digunakan adalah untuk melindungi konten yang memiliki hak cipta digital saat masuk dari perangkat ke TV, biasanya melalui sambungan HDMI atau DVI.

HDCP (High-bandwidth Digital Content Protection) adalah salah satu bentuk dari Digital Rights Management (DRM). Protokol DRM memang didesain untuk melindungi hak cipta dan distribusi dari pembajakan. Setiap perusahaan tentunya memiliki protokol yang beragam, tetapi tujuannya tetap sama.

Advertisement

HDCP juga dibutuhkan untuk stream di Netflix dari perangkat yang terhubung ke TV kamu, meskipun pada nyatanya fungsi ini tidak selalu berjalan dengan baik. Contoh DRM adalah ketika kamu melakukan pembelian langganan Netflix ini.

 

Kenapa HDCP Bisa Error?

Seringnya, HDCP yang error disebabkan adanya masalah pada komunikasi atau koneksi antara TV yang digunakan dengan layanan stream. Jika hal ini terjadi, solusi simpel yang bisa kamu lakukan adalah mencoba menghubungkan kembali kabel HDMI atau DVI yang kamu gunakan, cabut dan pasang lagi ke port yang sesuai.

hdcp error tv monitor
contoh hdcp error pada xbox

Meskipun enkripsi dan protokol HDCP canggih, cara kerjanya cukup sederhana. Dan, setiap perangkat yang mendukung HDCP, seperti Blu-ray player atau Xbox, memiliki lisensi dan kemampuan untuk terhubung dengan perangkat receiver atau penerima di ujung lain kabel HDMI.

Misalnya, katakanlah kamu mempunyai perangkat HDTV yang agak jadul dan tidak mensupport HDCP, tentunya kamu tidak dapat menonton konten yang sesuai dengan HDCP di dalamnya. Jika kamu memaksa dengan cara menghubungkan HDCP, maka akan muncul error seperti “Error: Non-HDCP Output” atau “HDCP Error”.

Jadi, meskipun monitor / tv itu favorit kalian, ada baiknya untuk menggunakan perangkat lebih baru yang men support HDCP, agar kepuasan menonton tidak berkurang.

 

Cara Memperbaiki HDCP yang Bermasalah

Pertama, pastikan kamu sudah mengupgrade audio-video receiver yang ada pada perangkat yang kamu gunakan. Tentunya kamu akan mengeluarkan uang untuk hal ini. Tapi, jika penggunaan jangka panjang pikirkan lagi untuk menggunakan perangkat yang memang mensupport HDCP.

Tapi, kamu masih bisa menggunakan HDMI Splitter ini untuk menangani masalah peraturan HDCP yang agak rumit ini. Tentunya resiko yang ditimbulkan kalian yang menanggung. Penggunaan HDCP di media tontonan ini bertujuan untuk melindungi hak-hak yang memang seharusnya ada.

hdmi splitter hdcp
ini perangkat hdmi splitter, di marketplace banyak

Cara menggunakan akan splitter juga tak sulit, cukup letakkan perangkat tersebut di antara output dan perangkat tampilan. Misalnya, penyetelan sederhana antara Chromecast ke monitor lama. Urutan pemasangannya menjadi hubungkan Chromecast ke input splitter HDMI lalu gunakan kabel HDMI untuk menghubungkan output splitter ke perangkat display

Jika kamu memiliki perangkat audio video yang baru tapi tidak cocok dengan HDTV lama, hal ini normal, cukup colokkan semua perangkat HDMI ke receiver dan tempatkan HDMI splitter di antara splitter dan monitor.

Leave a Comment