Apa itu exFAT

Teknozone.ID – Kependekan dari Extended File Allocation Table, exFAT adalah sistem file yang dirancang dan digunakan oleh flash drive. exFAT dikembangkan oleh Microsoft dan awalnya dirilis pada November 2006.

exFAT adalah versi sistem file FAT yang disempurnakan dari Microsoft. Ia memperluas ukuran file Windows maksimum dari 4GB (FAT32) menjadi hampir tidak terbatas.

Dikarenakan mesin Mac dan Linux juga mensupport penggunaan exFAT, format ini banyak digunakan sebagai format umum yang dapat dibagikan untuk drive USB

 

Kelebihan exFAT

pengertian exfat storage

Salah satu keunggulan utama format ini dibandingkan sistem file FAT lainnya adalah kemampuan mendukung ukuran volume hingga 512 TB (up to). Sebagai perbandingan, FAT32 hanya memungkinkan ukuran volume 32 GB.

Keunggulan lainnya termasuk dukungan untuk UTC timestamps, daftar kontrol akses, yang meningkatkan kinerja alokasi dan penghapusan ruang kosong.

Flash drive adalah perangkat penyimpanan portabel, atau disebut sebagai flash USB. Flash drive adalah salah satu media yang digunakan untuk menyimpan dan mentransfer informasi antar komputer dan ukurannya berkisar dari 2 GB hingga 1TB.

 
  • Windows mendukung 3 sistem file berbeda yaitu NTFS, FAT32 dan exFAT.
  • NTFS adalah sistem file paling modern. Windows menggunakan NTFS untuk drive sistem secara default, dan untuk sebagian besar drive yang tidak dapat dilepas (non-portable).
  • FAT32 adalah sistem file lama, ia tidak seefisien NTFS dan tidak mendukung banyak fitur, tetapi menawarkan kompatibilitas yang lebih besar dengan sistem operasi lain.
  • exFAT adalah pengganti modern untuk FAT32 dan banyak perangkat serta sistem operasi yang format ini dibanding NTFS, tetapi tidak seluas FAT32.

Untuk artikel seputar storage lainnya, kamu bisa cek artikel di bawah ini:

Leave a Comment