CTF Loader Windows 10

Advertisements

Pernahkah kamu merasa bahwa komputermu sedikit melambat? kemudian saat membukan Task Manager, kamu melihat sebuah program aneh bernama CTF.exe berjalan memakan resource.

Mungkin, akan sedikit membingungkan ketika ada program yang tidak kita install berjalan dengan sendirinya, lalu apakah ctf loader ini virus? apakah ctfmon.exe ini juga virus?

CTF Loader bukanlah virus, ia merupakan file resmi dari Windows yang tidak berhubungan dengan malware ataupun spyware. Namun, pembuat malware bisa membuat program yang berkamuflase menjadi CTF loader yang palsu.

Apa itu CTF Loader?

ctf loader task manager

Advertisements

CTF loader adalah service autentikasi yang berguna untuk mengirimkan fungsi teks ketika user memberikan input aplikasi seperti aktivasi suara, translasi keyboard dan menulis dengan pen tablet.

Proses ini berkaitan dengan ctfmon.exe yang kamu temukan di Task Manager, kamu bisa menemukannya di lokasi ini:

Advertisements

  • C:\Windows\System32\
  • C:\Windows\SysWOW64\

Program berjalan dibelakang layar, artinya kamu tidak akan melihat window atau layar apapun ketika ia bekerja saat kamu beraktivitas atau menggunakan perangkat input komputer.

CTF loader juga bisa berjalan secara otomatis sebagai startup service/program. Ia akan berjalan di sistem sampai bersamaan dengan program seperti Microsoft Office atau aplikasi lainnya.

Advertisements

Kegunaan ctfmon.exe Windows 10

apa itu ctfmon.exe

Perangkat lunak sistem memantau fungsi yang terkait dengan input seperti keyboard, menggunakan mic, speech to text, tulisan tangan menggunakan pen, dan peran terkait bahasa semacam Microsoft Word.

Terkadang, ctfmon.exe menggunakan resource tinggi, terutama saat Windows melakukan system update. Hal ini disebabkan adanya konflik antara CTF Loader dan Windows Update.

Advertisements

Misalnya, ketika kamu ingin merubah bahasa tampilan di Windows 10. Ketika bahasa yang kamu tidak tersedia, CTF loader lah yang bertanggung jawab untuk menginformasikan kepadamu.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊