192.168.1.3

Advertisements

Teknozone.ID – Jaringan WiFi merupakan jaringan yang ada pada router. Jaringan tersebut membutuhkan konfigurasi sebelum berfungsi dengan benar, salah satu alamat IP yang sering digunakan adalah 192.168.1.3.

Untuk melakukan konfigurasi ini, kita harus masuk ke halaman admin router, disana kita dapat mengkonfigurasi banyak hal. Pada artikel ini kamu akan mengetahui tentang bagaimana cara melakukannya.

Cara Ganti IP menjadi Static IP

setting statik ip 192.168.1.3

Advertisements

Sebelum mulai mengkonfigurasi router, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah IP kita sudah diubah menjadi static. Untuk mengganti IP dynamic ke IP static, ikuti cara berikut ini.

  1. Buka Control Panel ➡ pilih Network and Internet.
  2. Ke Network and Sharing Center ➡ klik menu Change adapter settings pada panel kiri.
  3. Klik kanan pada jaringan yang digunakan ➡ Properties.
  4. Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  5. Centang Use the following IP address.
    setting statik ip 192.168.1.3
  6. Isi IP Address dengan 192.168.1. (1, 2, 4-253).
    Bebas pilih angka dari 2 – 253 (dengan catatan tidak boleh sama dengan perangkat lain yang terhubung).
  7. Isi Subnet mask dengan 255.255.255.0
  8. Isi Default gateway dengan 192.168.1.3.
  9. Lalu klik OK.

Cara Login ke 192.168.1.3

ganti password wifi 192.168.1.3

Pertama, kita harus tau IP address pada router kita, biasanya terletak di bagian belakang router. Kita juga bisa mencarinya dengan command prompt, caranya sebagai berikut.

  1. Ke start menu ➡ ketik command prompt ➡ lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  2. Tulis ipconfig untuk menampilkan deret info tentang jaringan yang dipakai
  3. Cari baris Local Area Connection, itulah IP address kita

IP address yang kita gunakan pada artikel ini adalah 192.168.1.3. Untuk masuk ke halaman login admin :

  1. Buka aplikasi browser di perangkat kamu. Boleh Chrome, Mozilla Firefox, ataupun Edge.
  2. Ketik alamat 192.168.1.3 di URL / Address bar kamu. Tambahkan http:// jika halaman login tidak mau terbuka atau blank.
  3. Masukkan data login router ke kolom yang ada.
  4. Tunggu halaman login terbuka, atur modem kamu.

Untuk data login kita bisa mengisinya dengan admin – admin, atau bisa juga sebagai berikut.

IP Address192.168.1.3
Usernameadmin
Password1234
IP Address192.168.1.3
Usernameadmin
Passwordpassword
IP Address192.168.1.3
Usernameadmin
Password

Ganti Password WiFi dengan IP 192.168.1.3

Secara umum, begini cara mengganti password WiFi:

  1. Login ke halaman admin router.
  2. Masuk ke halaman WLAN / Security.
  3. Cari kolom Passphrase untuk mengganti password wifi.
  4. Tekan tombol Apply untuk menerapkannya.

Diperhatikan bahwa setelah password diubah, perangkat yang terhubung harus memasukkan passwordnya kembali.

Selebihnya tentang 192.168.1.3

IP address 192.168.1.3 adalah IP lokal, privat, atau bisa juga gateway. 192.168.1.3 adalah alamat IP pada router yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer ke jaringan, digunakan untuk mengirim permintaan data ke internet.

Routermu juga mempunyai IP address publik. IP address Publik dipakai oleh ISP atau website yang kamu kunjungi untuk mendapatkan informasi dari website yang kamu kunjungi untuk dikirim ke router. lalu routermu akan mengirim data itu ke layar komputer melalui IP address privat

Mencari IP Address

192.168.1.3 merupakan IP address privat yang banyak digunakan pada setiap router, namun bisa saja itu bukan IP address mu. Jika 192.168.1.3 bukan IP address mu, kamu bisa mencarinya di internet dengan mencari model Router yang kita gunakan, seharusnya ada informasi tentang apa IP address default pada router kita.

Buku manual router juga berisi tentang IP address default kita. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa menggunakan komputer untuk mencarinya. caranya sebagai berikut.

cara lihat ip address 192.168.1.3

Jika sistem operasi komputernya Windows :

  1. Di pojok kanan bawah layarmu, Klik pada ikon jaringan yang ada.
  2. Setelah membuka menunya, pilih jaringan WiFi yang digunakan.
  3. Setelah itu, kita akan diberi beberapa informasi tentang jaringan kita. lihat pada bagian IPv4 yang memiliki baris nomor yang mirip seperti 192.168.1.3. itu adalah IP address routernya.

Jika sistem operasi komputernya Mac OS X :

  1. Buka menu Apple.
  2. Klik menu system preferences.
  3. Klik pada jaringan yang kamu gunakan untuk mengakses internet.
  4. tepat disebelah kata router, terdapat IP address mu tertulis disitu.

IP address privat hanya dapat diubah secara manual. Jika IP address Router tidak sama dengan 192.168.1.3 atau IP address default yang lain, maka mungkin saja ada seseorang yang mengubahnya.

Advertisements

Jika kamu mengalami itu dan ingin mereset kembali ke default, kamu bisa melakukan reset pabrik router. tapi dengan catatan itu akan mereset semua data yang ada pada router.

Apa Itu IP Address Seperti 192.168.1.3?

Seperti yang dijelaskan diatas, 192.168.1.3 adalah IP address privat yang digunakan router untuk jaringan lokal saja, dan menjadi titik pengantaran permintaan data oleh komputer yang menggunakan jaringan WiFi.

192.168.1.3 bukan IP yang dikhususkan untuk routermu karena manufaktur router banyak yang menggunakan IP ini untuk semua router mereka.

tapi, bagaimana bisa router kita tahu bahwa komputer kita mengirim permintaan data? ternyata perangkat pada jaringan tidak hanya router, terdapat juga perangkat lain yang terhubung dalam jaringan kita semisal komputer, printer, atau fax. Semua mempunyai identitas, yaitu IP address privat seperti 192.168.1.3.

Deretan nomor itu adalah IP address yang membantu antar perangkat saling terhubung dan dapat berkomunikasi. Biasanya, IP address pada perangkat lain pada jaringan WiFi dibagi dengan nomor IP address terakhir dibedakan.

Tidak hanya perangkat yang kompatibel dengan internet saja yang mempunyai IP address. Printer dan perangkat penyimpanan juga dapat mempunyai IP address, dengan begitu Router dan perangkat lain yang menggunakan jaringan dapat tersambung dan digunakan.

Berbicara tentang IP address, terdapat istilah IPv4. IPv4 adalah internet protocol version 4 dengan 4 set nomor yang dipisahkan dengan titik, meskipun sebenarnya tidak hanya nomor saja.

IANA atau Internet Assigned Number Authority mempunyai beberapa nomor untuk IP address privat, selebihnya bisa digunakan untuk IP address publik. nomor yang terdaftar adalah :

Advertisements

  • Dari 10.0.0.0 ke 10.255.255.255
  • Dari 172.16.0.0 ke 172.31.255.255
  • Dari 192.168.0.0 ke 192.168.255.255

ketiga nomor itu dapat mengisi sekitar 18 juta IP address privat yang berbeda. dan seperti yang dimaksud, manufaktur router biasanya hanya memilih dua atau tiga IP saja.

IP Address Publik Vs. IP Address Privat

192.168.1.3 yaitu IP address privat yang berhubungan dengan jaringan WiFi kita. 192.168.1.3 merupakan deretan angka yang digunakan untuk mengakses halaman admin router. Meskipun begitu, seperti yang dibicarakan diatas, router kita juga mempunyai IP address publik.

ISP kita yang mengatur IP address publik, dan kita tidak punya banyak kontrol untuk itu. IP address publik kita bisa terdiri dari 4 deret nomor yang tidak sama dengan IP address publik yang kita punya. IP address publik memberi kita akses untuk terhubung dan berinteraksi dengan internet. Setiap kamu mengunjungi suatu website, kamu akan melihat IP address publik mu, itu digunakan untuk mengirim permintaan data mu.

ip address 192.168.1.3 router
isi url dengan 192.168.1.3

Perbedaan yang lain antara IP address privat dan public adalah IP address publik kita akan sering berubah. seperti yang dijelaskan tadi, tipe router yang ada di dunia membutuhkan IP address publik yang berbeda. Jadi, ISP harus menggunakan IP address dinamis.

ISP mendistribusikan IP address yang tersedia berdasarkan penggunaan. Jika suatu user terlepas jadi jaringan, maka IP address publik nya akan dialihkan ke user lain. Jika tidak, maka ISP tidak akan mempunyai IP address yang cukup untuk semua pelanggannya.

Sebenarnya mungkin saja kita mempunyai IP address publik yang tidak berubah, dan itu dinamakan IP address statis. IP address jenis ini untuk website atau server cloud, yang membutuhkan selalu online secara permanen.

Seperti yang dijelaskan pada namanya, IP address publik itu bersifat publik. Oleh karena itu ada yang perlu diwaspadai keamanan usernya. IP address publik dapat memberikan info kasar lokasi user yang sedang memakainya.

Advertisements

Jika dipegang oleh orang yang profesional, IP address publik dapat memberikan info yang lebih detail dari sebelumnya. Hacker contohnya, mereka dapat membuat profil seorang user hanya dari IP address publik saja.

Layanan VPN dapat memberikan kenyamanan jika kamu memikirkan keamanan saat berselancar di internet. Layanan VPN menyembunyikan IP address publik dari website.

Karena VPN memberikan address yang acak yang memperlihatkan kamu berada di daerah, ataupun negara yang berbeda. Beberapa router ada yang sudah tertanam layanan VPN ini.

X

Advertisements

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro
AdBlock Terdeteksi

Kamu ketahuan menggunakan AdBlock.

Tolong matikan AdBlock😊